Thursday, 05 December 2019

Minum Air Isi Ulang

Ratusan Karyawan Pabrik Celana Dalam Keracunan

Jumat, 9 Oktober 2015 — 13:12 WIB
Foto-Ilustrasi

Foto-Ilustrasi

BOGOR (Pos Kota) – Ratusan karyawan pabrik pakaian dalam wanita di Bogor dilarikan ke sejumlah rumah sakit akibat keracunan. Sejak Kamis (8/10) malam, pegawai PT SMG masih menjalani perawatan di rumah sakit. Diduga penyebab keracunan akibat mengkonsumsi ai minum isi ulang yangu disediakan pabrik yang berlokasi di Jalan Karadenan, Cibinong, Bogor.

“Karena terlalu banyak yang keracunan, sementara daya tampung rumah sakit kami tidak mencukupi, akhirnya ada yang kami rawat di RS Yonkes 1 Konstrad, RSUD Cibinong, dan RS Trimitra,Cibinong,”kata Beni Susanto, Kepala Tim  Piket RS Yonkes 1 Kostrad kepada wartawan Jumat (9/10).  Hasil pemeriksaan tim dokter, diketahui jika kadar lekosit para karyawan pabrik pembuatan bra ini rata-rata diatas 10.000. Padahal batas normal kadar lekosit manusia ada di kisaran 5.000-1.000/UL.

Kalau di atas 1000/UL berarti diatas batas normal. Maka dokter memastikan,  didalam tubuh pasien ada banyak bakteri.”Jika dilihat dari kronologis dan keluhan pasien, dokter mengindikasikan, korbankeracunan,” ujar Beni Susanto, Kepala Tim  Piket RS Yonkes 1 Kostrad.

Guna meringankan dehidrasi, muntah dan rasa mual, tim dokter memberikan obat dan cairan infus kepada pasien. “Rata-rata para karyawan ini menderita dehidrasi sedang, ada juga yang lemas,”paparnya.

Saat ini RS Yonkes Kostrad menangani 53 pasien keracunan. Dari jumlah 53 pasien, 36 orang menjalani rawat inap, sedangkan 17 berobat jalan. “Karena kami tidak bisa menampung semua korban, jadi sebagian ada yang dibawa ke RSUD Cibinong dan RS Trimitra,” ujarnya. Menurutnya, korban datang ke RS secara bertahap, mulai Kamis sore hingga malam.

MUAL DAN PUSING

Salah satu korban,.Iman Sakiman 32, menuturkan, ia mulai merasa pusing dan mual serta buang air besar setelah minum air isi ulang yang disediakan pihak perusahaan. Rasa ada keganjilan kesehatannya, diakui korban sudah sehari sebelumnya. Namun semakin bertambah parah, sejak sore hingga Kamis malam.

Nilam 25, korban lainnya yang sudah mulai membaik kondisinya mengaku, ada sekitar seratus karyawan yang mengalami keracunan. “Dari 16 lane (kelompok) yang masuk shif malam, hampir semua mengalami muntah, mual dan buang air besar,”papar Nilam.

Kapolsek Cibinong, Kompol Achmad Choerudin membenarkan keracunan massal karyawan pabrik yang memproduksi pakaian dalam wanita ini.”Sedang kami lakukan penyelidikan. Air minum isi ulang yang diduga menjadi penyebab keracunan, sudah kami sita sebagai barang bukti. Kami masih menunggu hasil lab,”tandas Kompol Choerudin. (yopi/yh)