Monday, 11 November 2019

19.729 e-KTP Disebar ke Tujuh Kecamatan di Tangsel

Senin, 19 Oktober 2015 — 21:33 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

PAMULANG (Pos Kota) – Warga di tujuh kecamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat menuntaskan masalah E-KTP yang belum selesai dikerjakan. Sudah beberapa bulan sebagian warga terpaksa menggunakan KTP lama dan surat keterangan saja.

“Kami terpaksa hanya menggunakan surat keterangan dari kantor kelurahan setempat untuk keperluan surat jalan karena E KTP sampai saat ini belum diselesai dibuat,” kata Umar, warga Pamulang, Senin (19/10).

Keberadaaan E KTP yang dijanjikan selesai dua bulan lalu sampai saat ini tak kunjung ada kejelasan dan kepastian akibatnya saat ingin mengurus berbagai keperluan lain terpaksa menggunakan surat keterangan saja atau KTP yang lama.

Menurut dia, kebutuhan akan E KTP sangat dinantikan untuk keperluan diberbagai tempat termasuk pengurusan kartu kredit maupun membeli kendaraan. “Kalau hanya surat keterangan saja dari kantor kelurahan kurang yakin dipakai,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto, menengaskan pihaknya secara bertahap  kurun waktu dua minggu ini telah mendistribusikan sekitar 19.729 lembar E KTP milik warga di tujuh kecamatan yang baru selesai dikerjakan.

Bahkan, tambah dia, tahap pertama telah dikirim sekitar 10.032 lembar beberapa hari lalu dan sisanya mungkin sekarang telah selesai dikirim ke tujuh kecamatan dan datanya bisa dilihat di kantor tersebut oleh warga seperti di Kec. Serpong 497 KTP, Serpong Utara 1.101 KTP, Pondok Aren 1.075 KTP, Ciputat 1.537 KTP, Ciputat Timur 1.327 KTP, Pamulang 1.147 KTP dan Setu sebanyak 363 KTP. Untuk 2.659 E KTP yang telah diproses cetak hari ini juga dikirimkan ke tujuh kecamatan.

Untuk warga yang tercantum dalam daftar yang ditempel dan telah selesai E KTP di kantor kecamatan tersebut bisa mengambil ke petugsa dengan membawa surat keterangan sementara KTP lama, imbuh Toto S yang berharap yang mengambil hendaknya warga pemilik E KTP langsung tanpa perantara.(anton/ruh)

Teks foto:

Salah satu kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ke warga oleh kantor Disdukcapil Kota Tangsel. (anton)