Saturday, 07 December 2019

Kol Rusak Dibeli Peternak Sapi

Senin, 19 Oktober 2015 — 17:27 WIB
Kol rusak

BANDUNG (Pos Kota) – Puluhan petenak sapi  menyerbu tanaman kol di daerah Bandung Selatan, Senin (19/10). Mereka ramai ramai membeli tanaman kol untuk djadikan pakanan ternak pengganti rumput yang sulit dicari akibat kemarau panjang.

Seorang peternak Mamad,45, menjelaskan, kemarau ini semua peternak mendatangi petani kol.

Mereka membeli tanaman itu untuk dijadikan pakanan sapi. “ Tanaman kol kemarau ini banyak yang mati. Kami membelinya untuk dimanfaatkan sebagai pengganti rumput,“ akunya.

Berdasar pemantauan, setiap hari di daerah Kertasari, dan Ciparay, banyak peternak yang mendatangi petani. Mereka datang menggunakan bak terbuka dan pulangnya membawa belasan karung berisi tanaman kol.

Nurdin, 56, mengakui, banyaknya tanaman kol yang mati membuat para petani kelimpungan dan terancam merugi. “ Daripada tanaman itu tidak jadi uang, kami memutuskan untuk menjualnya ke para peternak,“ tandas dia.

Tanaman kol rata rata dihargai Rp 50 ribu perkarung. Diharapakan, aku dia, dijualnya tanaman itu paling tidak bisa sedikit mengganti  modal yang sudah diinvestasikan pada tanaman tersebut. “Biar sedikit tapi tanaman bisa menghasilkan uang,“ tuturnya. (Dono/d)

Terbaru

Jejeran kendaraan di salah satu area parkir di Jakarta. (ist)
Sabtu, 7/12/2019 — 16:06 WIB
Dorong Realisasi Target Pajak Rp44,4 T
Sah! BBN-KB DKI Jakarta Naik jadi 12,5 Persen per 11 Desember 2019