Monday, 16 December 2019

Longsor di Bogor Satu Rumah Tertimbun

Minggu, 8 November 2015 — 15:14 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

BOGOR (Pos Kota) – Longsor kembali terjadi di Bogor. Kali ini menimpa satu rumah di Kampung Cincau RT 02/02, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Longsor tebing yang menimpa rumah warga ini berlangsung disaat hujan deras melanda Kota Bogor.

Tebing setinggi kurang lebih 10 meter ini ambruk akibat tanah labil dan menimpa rumah Yuniarti 30. Keluarga yang tertimpa bencana alam pada Minggu (8/11/2015) ini, kini sudah diungsikan. Saat kejadian, Yuniarti bersama keluarganya sedang menonton televisi diruang keluarga.

“Suara gemuruh benda jatuh dari belakang rumah. Suaranya makin besar. Saya pikir gempa, nggak taunya bagian dapur hancur, bersamaan tebing ambruk. Saya langsung tarik istri dn anak-anak keluar rumah,”katanya. Sekitar lima menit suara bongkahan tanah jatuh, dirinya mengecek kedalam rumah dan melihat kondisi dapur dan kamar mandi sudah hancur. Tumpukan puing beton tebing dan bongkahan tanah sudah menimbun dapur dan kamar mandi.

“Tidak ada korban luka maupun jiwa. Pak Lurah sudah saya lapor dan datang kelokasi bersama stafnya,”paparnya. Menjaga kejadian susulan, keluarga ini lalu di ungsikan ke rumah keluarganya.
Budi Hendrawan, Kasie Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menuturkan, langkah antisipasi, sudah dilakukan pihaknya.

“Keluarga yang terkena bencana alam, sudah diungsikan ke rumah keluarga terdekat. Kita lakukan penutupan longsoran tebing menggunakan terpal, agar tanah tidak rapuh saat hujan. Bekas puing longsor, secepatnya kami bersihkan. Kota Bogor sekarang sedang hujan lebat. Himbauan bagi warga, agar tingkatkan kewaspadaan,”paparnya. (yopi/yh)