Friday, 06 December 2019

Ada Pipa Gas, Kemenhub Tolak Pembangunan Pelabuhan Di Bekasi

Selasa, 10 November 2015 — 19:11 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Kemenhub selama ini tidak pernah mengeluarkan izin pembangunan pelabuhan Tarumanegara di Babelan, Kabupaten Bekasi. Apalagi di sana ada pipa gas Pertamina, keamanannya tidak terjamin kalau jadi pelabuhan.

Hal itu dikatakan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit. “Kami tidak akan mengijinkan pembangunan Pelabuhan Tarumanegara dikarenakan di tempat tersebut memiliki kerawanan yang sama dengan Cilamaya yakni adanya pipa gas dan minyak milik PT Pertamina,” ujar Dirjen.

Beberapa pemakai jasa pelabuhan dan pengusaha menyebutkan Pelabuhan Tarumanegara yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kawasan industri di Cikarang,  dinilai para pelaku industri ini dapat meringankan biaya logistik.

Apalagi kondisi Pelabuhan Tanjung Priok saat ini selain infrastrukturnya kurang bagus juga terlalu padat serta arus lalulintasnya kerap kali macet hingga biaya tinggi.

Tak Masuk Alternatif

Namun, keinginan para pelaku usaha agar dibangun pelabuhan Tarumanegara tersebut tidak mendapatkan restu dari  Kemenhub sebab wilayah tersebut tidak pernah masuk sebagai lokasi alternatif sebagai pengganti Pelabuhan Cilamaya.

Bobby menjelaskan,  saat ini Kemenhub tengah menyiapkan enam alternatif lokasi baru sebagai pengganti Pelabuhan Cilamaya mengarah ke timur Pulau Jawa mengarah ke arah Subang, Pamanukan hingga ke Cirebon. (dwi/win)