Saturday, 19 October 2019

Pemprov DKI Tidak Lagi Sumbang Korban Bencana dengan Sembako

Rabu, 11 November 2015 — 6:40 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Mulai tahun 2016, korban bencana tidak diberi lagi bantuan langsung sembako. Tetapi, Pemprov DKI Jakarta, akan memberikan bantuan berupa kartu pembelian kebutuhan pokok atau E-Natura, kepada warga yang jadi korban bencana seperti banjir atau kebakaran.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan, bantuan kartu E-Natura akan diberikan kepada warga selama tujuh hari pasca terkena musibah.”Seminggu setelah pasca bencana, warga akan diberikan kartu E- Natura, bisa dibelanjakan 10 bahan pokok,” ujar Masrokhan.

Masrokhan menambahkan, E-Natura diberikan dengan kisaran sebesar Rp 10 ribu per jiwa. Untuk satu Kartu Keluarga (KK) E-Natura hanya diberikan empat jiwa. “Satu keluarga hanya empat jiwa yang dicover,” tandas Masrokhan.

Kartu E-Natura ini hanya bisa dicairkan dalam bentuk bantuan barang, bukan dalam bentuk uang. Sebab kartu ini bersifat Non Cash Card (NCC).

Kepala Bidang Perlindungan Sosial, Dinas Sosial DKI, Djafar Muchlisin mengatakan, program kartu E-Natura ini diluncurkan bekerjasama dengan perusahaan retail dan perbankan.

Peluncuran kartu E-Natura ini diharapkan dapat memberikan percepatan pemberian bantuan bagi korban bencana. Sehingga warga tidak perlu berlama-lama menunggu untuk mendapatkan bantuan sosial.

“Selama ini bantuan korban bencana kurang efektif. Memakan waktu lama. Padahal korban bencana tidak bisa menunggu lama. Dulu kita ada proses lelang, ada gudang, transportasi untuk mengantarkan barang. Akhirnya kita nilai kurang efektif. Dengan adanya kartu E-Natura ini diharapkan prosesnya lebih mudah dan cepat,” ujar Djafar.(John)