Saturday, 19 October 2019

Seluruh Pangkalan Ojek di Depok Jadi Ojek Kamtibmas

Rabu, 18 November 2015 — 21:07 WIB
Wakapolresta Depok AKBP Irwan Anwar (tengah) usai menyamatkan rompi ojek kamtibmas ke tukang ojek bersama jajaran Kapolsek, Muspika Pancoran Mas di pangkalan ojek GDC. (Angga)

Wakapolresta Depok AKBP Irwan Anwar (tengah) usai menyamatkan rompi ojek kamtibmas ke tukang ojek bersama jajaran Kapolsek, Muspika Pancoran Mas di pangkalan ojek GDC. (Angga)

DEPOK (Pos Kota) – Kapolresta Depok Kombes Dwiyono meresmikan ojek kamtibmas di pangkalan ojek Grand Depok City (GDC), Jalan Dewi Sartika, Pancoranmas, Kota Depok, Rabu (17/11).

Selaku mitra Polri, pengemudin ojek tetap mangkal  24 jam dapat membantu tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas di lingkungan.

“Seluruh pangkalan ojek yang ada di Depok dijadikan ojek kamtibmas. Dibawah binaan anggota bhabinkamtibmas para tukang ojek akan ikut menjaga potensi gangguan kamtibmas,”ujarnya kepada Pos Kota.

Berdasarkan jumlah penduduk Depok hampir Rp.2 juta, menurut Kapolres meningkatnya pertumbuhan penduduk dibarengkan dengan tingginya angka kerawanan kamtibmas.

“Keterbatasan personil menjadi kendala dalam hal penjaga keamanan. Kita bersinergi dengan itansi pemerintah serta merangkul mitra polisi diharapkan dapat bersama menjaga keamanan yang kondusif,”kata mantan Kapolres Banyumas ini.

Kasat Bimas Polresta Depok, Kompol Suharto mengatakan baru 85 pangkalan ojek kamtibmas sudah ada di setiap kelurahan.

“Rencana masih ada 200 pangkalan ojek lain yang akan menjadi kamtibmas. Setiap kelurahan ada dua pangkalan ojek kamtibmas,”katanya.

Mantan Kapolsek Bojonggede ini mengaku, fungsi ojek kamtibmas ini melihat dari kultur warga setempat. Dengan keberadaannya beroperasional selama 24 jam diharapkan bisa menjadi indikasi awal terjadi kamtibmas untuk dilaporkan.

“Sebagai salah satu mitra polri. Para tukang ojek kita kasih nomor Hp anggota bimas jika ada kejadian atau deteksi dini masalah gangguan kamtibmas bisa segera dilaporkan,”tutupnya.

Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Tata Irawan menambahkan tingkat kerawanan kamtibmas di wilayah Kecamatan Cipayung dan Pancoran berupa tawuran maupun kasus pencurian.

“Setelah diresmikan ojek pangkalan kamtibmas bisa membantu tugas kepolisian dalam partisipasi peduli menjaga lingkungan dari gangguan kamtibmas. Yaitu jika ada kejadian bisa segera melaporkan untuk segera ditindak lanjuti,”tutupnya.

Dalam acara launching ojek kamtibmas, dihadiri Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya, Lurah Depok Sugino, jajaran Kapolsek, serta elemen pemuda. (Angga)