Tuesday, 12 November 2019

Pemalsu Dokumen Juga Order Akte Cerai

Minggu, 22 November 2015 — 15:39 WIB
Polda Metro Jaya menggelar barang bukti pelaku kejahatan dokumen palsu. (deny)

Polda Metro Jaya menggelar barang bukti pelaku kejahatan dokumen palsu. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) – Para pelaku kejahatan pemalsuan dokumen di Jalan Pramuka Ujung, Senen, Jakpus, tidak sebatas mengerjakan prihal ijazah. Namun, berbagai dokumen kependudukan lainnya seperti buku tabungan, akte tanah hingga akte perceraian pun dipalsukannya.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (22/11). “Jadi ini terungkap saat ada calon konsumennya di lokasi penggerebekan tengah membuat akte perceraian palsu,” ujarnya.

Dari keterangan si konsumen, sambung Herry, akte perceraian palsu tersebut nantinya akan digunakan untuk mengelabui calon istrinya.

“Akte ini akan ditujukan ke calon istrinya untuk meyakini kalau dia sudah cerai dengan istri pertama, padahal dokumen itu palsu,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa aksi kejahatan pemalsuan dokumen tersebut merupakan muara dari sejumlah kejahatan khusus penipuan yang ada. “Beberapa kasus penipuan, seperti kasus Mama Minta Pulsa kita ketahui bahwa rekening yang digunakannya palsu,” jelasanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melakukan penggerebekan lokasi pembuatan dokumen palsu di Jalan Pramuka Ujung, Senen, Jakarta Pusat. Dari penggerebekan itu, petugas mengamankan sejumlah barang bukti dan 23 tersangka dengan peran berbeda.

(deny/sir)

  • Mangap

    Katanya ada beberapa pemain di daerah pramuka. Tolong cek yang lain

  • Gajahmada

    Ini lebih bahaya dari “Korupsi” n merusak tata cara kenegaraan!.di”BASMI” sampai jadi debu,dan jangan terulang lagi di NKRI yg tercinta. good job polda Metro (resmo,or Intelejen tim).