Tuesday, 12 November 2019

Liga Champions

Cetak Setengah Lusin Gol, Barcelona ke Babak 16 Besar

Rabu, 25 November 2015 — 5:03 WIB
Trio Barcelona; Messi, Suarez dan Neymar merayakan gol yang dicetak ke gawang Roma. (reuters)

Trio Barcelona; Messi, Suarez dan Neymar merayakan gol yang dicetak ke gawang Roma. (reuters)

SPANYOL – Barcelona lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah melumat AS Roma dengan 6-1 dalam fase Grup E di Camp Nou, Rabu (25/11/2015) dini hari WIB. Satu tiket di grup ini akan diperebutkan Roma dengan Bayer Leverkusen yang sebelumnya diimbangi BATE Borisov 1-1.

Barca tampil perkasa sejak awal. Mendominasi pertandingan, Barca mencetak setengah lusin gol. Gol pertama Barca dicetak di menit 15. Diawali dari upaya Alves melepaskan diri dari kawalan Falque, Alves kemudian melepas umpan ke Luis Suarez yang tak terkawal yang kemudian menceploskan bola ke gawang Roma.

Tiga menit berselang, Neymar melepas umpan ke Messi yang dilanjutkan dengan kerja sama dengan Suarez. Peman Uruguay ini melepas umpan terbosan ke Messi yang langsung menchipnya tanpa bisa dicegah kiper Szczesny. Skor menjadi 2-0 untuk Barca.

Menjelang babak pertama usai, Keita berupaya menyapu bola tapi ada Suarez yang menyambutnya dengan sepakan keras. Bola tak tertahan Szcezny, menerobos gawangnya. Skor 3-0 untuk Barca.

Usai jeda, Barca terus membombardir Roma. Dua sepakan mengarah dari Messi dan Neymar masih bisa dihalau Szczesny. Peluang Roma datang di menit 55 tapi sepakan Iago ditepis Ter Stegen.

Tapi satu menit kemudian, berawal dari tendangan penjuru, Messi menerima bola d kotak penalti. Bola diumpannya ke Pique yang berdiri bebas yang menyambutnya dengan melesakkan bola ke gawang terbuka. Skor menjadi 4-0.

Menit 60, Neymar melepas umpan ke Suarez yang diteruskan ke Messi. Messi melepas tembakan tapi Szczesny bisa menepisnya. Hanya saja, pantulan bola kembali disambut Messi. Kali ini menjadi gol kelima.

Neymar berpeluang mencetak gol saat wasit menunjuk titik putih. Sayang pemain Brasil ini gagal menjadi algojo setelah sepakannya ditepis Szczesny. Beruntung ada Adriano yang menyambarnya hingga tercetak gol keenam.

Sebuah peluang emas didapat Roma ketika wasit menunjuk titik putih setelah Bartra menjatuhkan Edin Dzeko di areal terlarang. Tapi Ter Stegen menggagalkan tendangan penalti Dzeko.

Di ujung laga, gol hiburan Roma datang lewat Edin Dzeko. Mendapat crossing dari Digne, ia menanduk merobek gawang Ter Stegen. Laga berakhir dengan skor Barcelona 6-1 Roma. (yp)