Wednesday, 23 October 2019

Ini Bahaya Minum Jamu Cespleng Langsung Bugar

Rabu, 2 Desember 2015 — 8:08 WIB
Polisi memeriksa jamu ilegal yang disita dari pedagang. (dok)

Polisi memeriksa jamu ilegal yang disita dari pedagang. (dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Awas, jangan mengkonsumsi jamu sembarangan. Apalagi yang cespleng hingga badan langsung bugar. Salah-salah sehat yang dicari malah penyakit yang didapat.

Jamu dengan khasiat cespleng itu biasanya mengandung bahan kimia obat (BKO). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus berupaya memutus mata rantai peredaran jamu yang mengandung BKO.

“Kita sudah berulangkali menarik produk ilegal maupun produk yang ber-BKO dari pasaran, tetapi beberapa waktu kemudian muncul lagi,” kata Kepala BPOM, Roy Sparingga.

Bahkan, sambungnya, banyak di antara produsen jamu berbahaya sudah dimejahijaukan. Tetapi praktek pembuatan jamu berbahaya terus berlangsung ditengah masyarakat.

Menurtunya, pembuat jamu melakukan tindak kejahatan pada malam hari. Ini berarti memproduksi jamu-jamu berbahaya pada saat orang terlelap tidur dengan harapan tidak tercium oleh aparat hukum.

“Kita tidak mau kalah dengan mereka. Selain 500 petugas BPOM yang terjun ke lapangan kita gandeng polisi untuk ikut mengawasi praktek tersebut,” jelas Roy.

Salah satu faktor mengapa kecenderungan jamu berbahaya terus meningkat, adalah permintaan masyarakat akan jamu yang cespleng juga meningkat. Padahal cespleng bukan berarti jamunya berkualitas bagus.

“Cespleng bukan berarti itu jamu berkualitas tinggi. Justru kita harus waspada dan curiga,” lanjut Roy.

Diakui Roy sebagian besar masyarakat meminum jamu karena percaya jamu bisa membuat badan sehat. Tetapi apa jadinya jika jamu diracuni dengan BKO.

Roy mengingatkan bahwa saat ini berdasarkan laporan BPJS Kesehatan, jumlah pasien gagal ginjal terus meningkat tajam. “Salah satu faktor pemicunya adalah jamu ber-BKO,” ujarnya. “Ini bahayanya dan ini yang harus diketahui masyarakat.” (inung/yp)