Tuesday, 19 November 2019

Mufidah JK: Peran Perempuan Dalam Bidang Ekonomi Makin Besar

Rabu, 9 Desember 2015 — 13:48 WIB
Ny Mufidah Jusuf Kalla didampingi ketua panitia Ny Linda Agum Gumelar dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto saat membuka resmi Katumbiri Expo. (Inung)

Ny Mufidah Jusuf Kalla didampingi ketua panitia Ny Linda Agum Gumelar dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto saat membuka resmi Katumbiri Expo. (Inung)

JAKARTA (Pos Kota)- Peran perempuan dalam bidang ekonomi semakin besar. Peran ini kata Ibu Mufidah Jusuf Kalla tidak hanya ditemukan pada perempuan diperkotaan tetapi juga sudah merambah perempuan diwilayah pedesaan.

“Di desa, para perempuan berperan dalam bidang pertanian, kerajinan, olah pangan dan perdagangan. Sedang di kota peran perempuan lebih luas hampir kita temukan diseluruh sektor yang ada,” kata Mufidah Jusuf Kalla saat meresmikan Katumbiri Expo 2015 di Plenari Hall, JCC, Rabu (9/12).

Menurut Mufidah, peran perempuan yang demikian besar telah membuat perempuan memiliki andil besar dalam pembangunan nasional. Mampu berkontribusi baik dilingkungan keluarga maupun nasional. Juga mampu meningkatan pendapatan nasional sehingga daya beli masyarakat pun meningkat.

Bagi Mufidah, Katumbiri Expo dimana mengetengahkan industri-industri kecil yang dikelola kaum perempuan menjadi salah satu bukti eksistensi perempuan Indonesia. Utamanya dalam bidang perekonomian.
Sementara itu Ketua panitia Katumbiri Expo Ny Linda Amaliasari mengatakan ini adalah tahun ke 5 diselenggarakannya Katumbiri Expo. Tercatat 250 pengusaha ambil bagian dengan jenis usaha mulai dari produk fesyen, arsitektur, kerajinan hingga produk kuliner.

“Semua yang ada di disini merupakan produk UKM. Dan kita bangga karena sektor UKM selama ini mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional bahkan penyelamat saat terjadi krisis ekonomi 1998,” pungkas Linda.

Katumbiri expo akan berlangsung 9-13 Desember 2015. Ditargetkan pameran ini akan dikunjungi lebih dari 15 ribu pengunjung.

(inung/sir)