Saturday, 19 October 2019

Thriller Album Pertama yang Laku 30 juta Kopi di Amerika

Kamis, 17 Desember 2015 — 7:31 WIB
Bintang pop Michael Jackson merilis album Thriller 33 tahun silam.

Bintang pop Michael Jackson merilis album Thriller 33 tahun silam.

ALBUM klasik Michael Jackson, Thriller, menjadi album pertama yang terjual lebih dari 30 juta kopi di Amerika Serikat.

Di album yang pertama kali dirilis 33 tahun silam ini terdapat lagu-lagu yang sangat populer, seperti Beat It, Billie Jean, dan Wanna Be Startin’ Somethin’.

Rekor penjualan album Thriller diumumkan oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA) dan badan yang mengurusi aset mendiang Jackson.

John Branca dari badan pengelola aset Jackson mengatakan Thriller telah dan akan terus menjadi parameter penjualan album.

Presiden RIAA, Cary Sherman, menyebut pencapaian album Thriller ini luar biasa.

“Ini juga menjadi bukti awetnya album Thriller di sejarah musik Amerika,” kata Sherman.

Dalam daftar album terlaris yang diumumkan RIAA, The Eagles menempati posisi dua, setelah album Greatest Hits 1971-1975 terjual 29 juta kopi.

Masuk juga dalam daftar ini The Beatles dengan nama album yang sama, yang terjual 19 juta kopi, sementara album Shania Twain, Come On Over, terjual 20 juta kopi.

Di kalangan para pemerhati musik, Thriller dianggap sebagai pelopor cara baru memasarkan album dengan memanfaatkan MTV melalui pemutaran video dan juga konser-konser yang mewah.

Popularitas Thriller mengantarkan Jackson masuk 12 nominasi Grammy di mana ia akhirnya membawa pulang delapan penghargaan.(BBC)