Wednesday, 13 November 2019

Setya Novanto Sampai Pengunduran Diri di Paripurna DPR

Jumat, 18 Desember 2015 — 11:38 WIB
Mantan Ketua DPR Setya Novanto adakan loby soal pembentukan komisi di DPR (timyadi)

JAKARTA – Setya Novanto hadir dalam rapat paripurna DPR yang dilakukan menjelang reses, Jumat (18/12). Novanto pun kemudian menyampaikan pidato pengunduran dirinya dari posisi Ketua DPR,  di podium rapat agung itu, ia pun  meminta maaf atas kekhilafannya.

“Saya akan pertanggungjawabkan keputusan saya ini kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Novanto, di hadapan sidang paripurna DPR.

Dalam pidato itu, Novanto menyatakan sudah resmi akan mundur sebagai Ketua DPR. Setelah itu ia turun dan mendapat tepuk tangan dari para anggota, terutama dari Fraksi Golkar.

Seperti diketahui Setya Novanto yang sudah mengundurkan diri dari posisi ketua DPR menghadiri paripurna DPR. Kali ini ia datang ke rapat paripurna tidak lagi duduk di kursi pimpinan. Novanto yang sempat mengikuti rapim. Di rapat paripurna Novanto tampak menjalani rapat seperti biasa.

Dalam daftar absensi, nama Novanto sudah hilang dari daftar pimpinan. Di absensi fraksi, jabatan ketua juga sudah tidak tertulis di samping namanya.

Sedangkan Pimpinan DPR memang sudah memproses surat pengunduran diri Setya Novanto. Ade Komarudin selaku penggantinya akan dilantik Januari 2016. Untuk sementara posisi Ketua DPR dijabat pelaksana tugas ( Plt ) yakni Wakil Ketua DPR Fadli Zon.  Namun, hal ini masih menuai protes. (win)