Thursday, 12 December 2019

Militer Irak Ambil-Alih Kota Ramadi dari ISIS

Senin, 28 Desember 2015 — 22:24 WIB
Tentara dan warga Irak kibarkan bendera setelah berhasil kuassi Kota Ramadi dari ISIS  (reuters)

Tentara dan warga Irak kibarkan bendera setelah berhasil kuassi Kota Ramadi dari ISIS (reuters)

IRAK – Pasukan militer Irak telah mengambil alih kota Ramadi dari kekuasaan ISIS, demikian dikatakan pejabat militer negara tersebut.

Tentara mengibarkan bendera Irak di atas bangunan pemerintah di tengah kota Ramadi, Brigadir Jenderal Yahya Rasoul mengatakan pada Senin (28/12).

Ramadi yang terletak di provinsi Anbar, sekitar 100km dari Baghdad, direbut oleh ISIS bulan Mei. Berkuasanya ISIS di Ramadi menjadi kemunduran Irak dalam mengendalikan kelompok teroris tersebut.

Saluran televisi Irak menyiarkan  tentara Irak sedang merayakan keberhasilan mereka membebaskan kota. Ramadi adalah kota yang mayoritas didiami warga Sunni dan pasukan militer Irak sebagian besar berasal dari Syiah.

Juru bicara koalisi Amerika Serikat, Kolonel Steve Warren mengatakan, “Pengambilalihan pusat pemerintahan menjadi pencapain penting dan hasil ini merupakan berkat kerja keras selama berbulan-bulan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Irak, Anti Terorisme, Angkatan Udara Irak, polisi dan pejuang setempat.”

Menurut reporter CNN, diduga ISIS telah memindahkan pusat komando mereka ke utara kota.

Ramadi menjadi kota penting karena kota ini terletak di jalan yang menuju ke Yordania dan Suriah.
Rasoul mengatakan pihaknya yakin bisa merebut kota-kota lain yang masih dikuasai ISIS. “Kami akan membebaskan kota lain, seperti kami membebaskan Jurf al Nasser dan Tikrit dan Baji dan wilayah-wilayah lain,” ujarnya.

Walaupun sudah dikuasai militer Irak, beberapa pakar memperkirakan kota ini masih akan terus mendapat serangan dari ISIS. Bila militer Irak bergerak ke kota lain, diperkirakan Ramadi bisa jatuh kembali ke tangan ISIS terutama karena distrik Hit yang berada di utara kota masih dikuasai oleh kelompok yang dipimpin oleh Abu Bakr al-Baghdadi.(daus)