Tuesday, 15 October 2019

Dinilai Kinerjanya Rendah Jaksa Agung: Tanyakan Sama Men-PAN

Selasa, 5 Januari 2016 — 20:16 WIB
Jaksa Agung, HM Prasetyo.

Jaksa Agung, HM Prasetyo.

JAKARTA (Pos Kota) –  Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan institusinya telah berkerja keras dan melaksanakan tugas dan kewajiban, sesuai ketentuan perundangan. Namun mendapat nilai rendah dari Menteri PAN dan RB Yuddy Chrisnandi.

“Jadi, tanya sama Menpan dan RB. Yang pasti ya saya katakan. Anda lihat di gedung bundar, di mana pun jaksa bekerja keras,” kata Prasetyo menjawab soal akuntabiltas kinerja 77 kementerian dan kembaga, di Kejaksaan Agung, Selasa (5/1).

Sikap Kejagung ini dibandingkan dengan audit BPK terhadap pengelolaan keuangan negara, dimana Prasetyo menunjukan hasil audit  WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK. “Dalam audit BPK, kejaksaan mendapat opini WTP,” ucapnya dengan bangga.

Prasetyo, lalu menunjukan pula kinerja  Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4). “Tim tersebut telah mampu membantu mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Dalam laporan akuntabilitas kinerja, Kejaksaan Agung berada di nomor 77, dengan angka 50. 02 dengan nilai CC (sangat kurang).

Nomor urut satu sampai enam, diduduki, Kementerian Keuangan 83. 59 (A), KPK 80. 89 (A), Kementerian Kelautan dan Perikanan 80. 76 (A), BPK 80. 45 (A), BPKB 77. 54 (BB) dan Kementerian Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) 77. 00 (BB). (ahi)