Wednesday, 23 October 2019

20 Petugas PPSU Kuras Saluran Air Penuh Lumpur di Serdang

Rabu, 6 Januari 2016 — 16:30 WIB
Petugas PPSU menguras saluran air di wilayah Serdang, Kemayoran, Jakpus. (deny)

Petugas PPSU menguras saluran air di wilayah Serdang, Kemayoran, Jakpus. (deny)

KEMAYORAN (Pos Kota) – Sebanyak 20 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), dikerahkan untuk menguras saluran air di RT010/03 Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (6/1). Langkah itu, menyusul banyaknya sampah dan lumpur hingga menyebabkan saluran tersumbat.

“Atas permintaan dan kekhawatiran warga juga, pengurasan dilakukan. Ini karena sudah musim hujan, saluran kita kuras dengan mengerahkan petugas PPSU,” terang Lurah Serdang, Heru Supriyono.

Ke depan, ia berharap saluran yang melintas di 6 RT/03 tersebut, dapat dinormalisasi Sudin PU Tata Air.

Ketua RW03, Kelurahan Sedang, Pudjiono yang ikut memantau pengurasan saluran air tersebut mengatakan memang seharusnya saluran tidak sekedar dikuras. “Sudah seharusnya saluran ini dilakukan normalisasi juga, karena kalau dikuras saja tidak maksimal,” jelasnya.

Kepada warga sekitarnya, ia pun meminta untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke dalam saluran air. “Terus jangan juga saluran yang ada ditutup, karena mempersulit pada saat hendak dibersihkan,” katanya.

Sementara itu, sebanyak 20 karung besar hasil pengurasan sampah dan lumpur diangkut petugas PPSU dari dalam saluran air tersebut. Selanjutnya, karung-karung yang masih basah tersebut lebih dulu dikeringkan kemudian diangkut dan dibuang ke TPA Bantar Gebang. (deny/win)