Thursday, 17 October 2019

Hadapi Espanyol di Copa del Rey

Arda Turan dan Vidal Amunisi Baru Barca

Rabu, 6 Januari 2016 — 7:55 WIB
Arda Turan dan Vidal

Arda Turan dan Vidal

BARCELONA (Pos Kota) – Pelatih Barcelona Luis Enrique tidak ingin lagi hasil imbang saat kembali bertemu tim sekotanya, Espanyol pada laga pertama babak 16 besar Copa del Rey di Camp Nou, Kamis (7/1). Apalagi kini mereka punya amunisi baru,  Arda Turan dan Aleix Vidal.

Beberapa hari lalu Barca diimbangi Espanyol sehingga harus rela posisi puncak klasemen La Liga direbut Athletico Madrid. Kini kabarnya Enrique akan menyimpan Caludio Bravo di bawah mistar gawang, dengan memainkan  Marc-Andre Ter Stegen yang telah lama tidak menjadi starting XI. Begitu juga Javier Mascherano dan Jordi Alba akan digantikan Marc Bartra dan Adriano Pereira.

Gerard Pique dan Dani Alves juga akan diistirahatkan. Rencananya Aleix Vidal juga akan memulai debutnya di Barca. Untuk lini depan Barca masih menampilkan trio (Lionel) Messi, (Luis) Suarez, Neymar (MSN). Mereka diharapkan memasukkan lebih dari satu gol ke gawang Espanyol.

Pasukan Luis Enrique jelas sudah tahu benar pola permainan dan strategi yang bakal diterapkan Pelatih Espanyol,  Constantin Galca. Laga sebelumnya, Espanyol menerapkan permainan fisik untuk menahan laju Barca. Ternyata cara itu berhasil membuat Espanyol ‘mencuri’ satu poin dari raksasa Catalan itu.

LEBIH SULIT

Jika Messi dkk gagal menang, maka langkah menuju 8 besar akan lebih sulit. Pasalnya, mereka akan bertarung kembali di kandang Espanyol. Namun nampaknya, Barca akan mampu membuat hasil yang mencolok dengan banyak gol.

Apalagi Barca  tak punya kendala pemain. Selain punya amunisi baru, hanya Rafinha dan Sergi Roberto yang kondisinya agak diragukan. Selebihnya, para bintang yang selalu menjadi ancaman mengerikan bagi lawan-lawannya telah siap tempur.

Espanyol sendiri masih akan menurunkan starting XI yang sama seperti di laga akhir pekan kemarin. Felipe Caicedo masih akan menjadi orang yang dipercaya Galca untuk memimpin lini serang. Mereka juga masih punya  Gerard Moreno. Namun pemain inti masih berhalangan karena cedera.

Selain hasil imbang pada 2 Januari lalu, Espanyol tiga kali kalah pada laga derby mereka selama ini, satu lainnya juga imbang saat di Camp Nou, Mei 2014. Tapi, Barca pernah menang 5-1 atas tetangganya itu, Desember 2014. Barca juga punya torehan menang telak pada tiga laga, sebelum ditahan imbang Espanyol. (awang)