Friday, 18 October 2019

Tarif Angkutan Umum, Kapal Penyeberangan, KA Ekonomi Turun 5 Persen

Kamis, 7 Januari 2016 — 20:33 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah akan menurunkan tarif bus antar kota antar provinsi (AKAP) lima persen atau sekitar Rp 500 mulai 15 januari 2016.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, penurunan tarif untuk angkutan umum kelas ekonomi dan angkutan umum dalam kota menyusul turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga penyesuaian harga eceran solar.

Selain bus AKAP, penurunan tarif juga akan diberlakukan untuk kapal penyebrangan sebesar 5 persen dan kereta api yang besarannya belum ditentukan.

Menteri berharap penurunan tarif angkutan umum dapat mengurangi beban biaya transportasi masyarakat serta meningkatkan efisiensi distribusi logistik nasional.

“Kita sudah berkordinasi dengan Organda dan PT KAI terkait hal tersebut,” ujar Jonan kepada wartawan di kantornya Kamis petang (7/1).

“Untuk kereta api ekonomi hanya untuk jarak jauh dan besaran pengurangannya akan diumumkan satu dua minggu ke depan.”

Untuk angkutan dalam kota dan perkotaan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada gubernur, bupati dan walikota, terkait penurunan tarif angkutan umum sebesar lima persen.

“Kita sudah kirim surat ke gubernur dan bupati untuk penyesuaian tarif angkutan sebesar lima persen,” teranh Jonan. (dwi)