Thursday, 05 December 2019

Lionel Messi Rebut Kali Kelima Penghargaan Ballon d’Or

Selasa, 12 Januari 2016 — 5:42 WIB
Messi mencium pipi Lloyd  pesepak bola wanita asal Amerika Serikat  yang juga sama-sama jadi pemain terbaik dunia  FIFA Ballon d'Or 2015 dalam acara di Zurich Swiss (reuters)

Messi mencium pipi Lloyd pesepak bola wanita asal Amerika Serikat yang juga sama-sama jadi pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2015 dalam acara di Zurich Swiss (reuters)

SWISS – Lionel Messi kembali merebut penghargaan Ballon d’Or pada Selasa (12/1) dinihari. Gelar pemain terbaik 2015 diraih Messi, mengalahkan Cristiano Ronaldo yang dua tahun berturut-turut menjadi pemain terbaik tahun 2013 dan 2014. Dan ini kali kelima pemain Barcelona itu meraih penghargaan terbaik dunia itu.

“Sungguh menakjubkan mendapat gelar kelima,” kata bintang 28 tahun yang juga kapten tim nasional Argentina.

Messi mendapat gelar kelimanaya setelah dua tahun terakhir hanya menjadi juara kedua. “Ini saat yang spesial bagi saya untuk kembali ke atas panggung,” kata Messi dalam bahasa Spanyol, “setelah berada di antara penonton menyaksikan Cristiano menang.”

Messi mendapat 41,33% suara dengan Ronaldo menerima 27,76% dan disusul Neymar dengan 7,86%. Pemberi suara adalah kapten tim nasional dan manajer, ditambah para jurnalis dari negara-negara anggota FIFA.

Dalam acara penganugerahan tersebut, manajer Luis Enrique juga mendapat penghargaan atas prestasinya membawa Barcelona merebut trofi Liga Champions, La Liga, Copa del Rey, Piala Super UEFA dan Piala Dunia Klub.

Kapten tim nasional Carli Lloyd dan manajer Jill Ellis meraih penghargaan sebagai pemain dan manajer terbaik wanita.

Keberhasilan Messi meraih gelar kelimanya disambut ucapan selamat dari para pemain di seluruh dunia. Wayne Rooney yang menjadi kapten Manchester United melalui Twitter mengatakan gelar kelima Messi merupakan pencapaian yang sulit dipercaya.

Kapten tim nasional Turki, Arda Turan yang sekaligus rekan satu tim Messi pun turut memberikan ucapan selamat. Menurutnya, Messi adalah legenda hidup yang jenius.

Ucapan selamat juga datang dari kiper Barcelona Marc Ter Steger, Presiden Barcelona Josep Mari Bartomeu Floreta, dan bahkan dari legenda Inggris Gary Lineker dan pembalap MotoGP Jorge Lorenzo.

Dalam acara penganugerahaan, tidak terlihat Presiden FIFA Sepp Blatter yang bulan lalu mendapat hukuman skorsing delapan tahun dari segala aktifitas sepak bola. Bertindak sebagai Presiden FIFA Issa Hayatou memberikan pidato pembuka acara yang menegaskan tekad seluruh negara anggota FIFA akan bekerja keras membenahi organisasi sepak bola dunia ini.(daus)