Monday, 09 December 2019

Pembangunan Tol Bocimi Terhambat Pipa PDAM

Rabu, 20 Januari 2016 — 15:10 WIB
Pembanguana Tol Bocimi

Pembanguana Tol Bocimi

BOGOR (Pos Kota) – Pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terkendala adanya saluran pipa milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Pengembang Tol Bocimi, PT Trans Jabar Tol meminta Tirta Pakuan memindahkan pipa yang melintas di lokasi pembangunan, namun ditolak.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Deni Surya Senjaya keberatan, apalagi diultimaatu untuk mindahkan pipanya paling lambat 21 Januari mendatang. “Jika pipa kita sampai dibongkar, dipastikan sebanyak 120 liter per detik bakal tumpah ke jalan dan 11.000 pelanggan akan mengamili krisis air,” ujarnya Rabu (20/1/2016)

Selain itu, lanjutnya berdampak pula tanah di area proyek jalan tol itu tidak stabil. “Dan yang memberatkan kami, tidak ada ganti biaya pemindahan dari Trans Jabar Tol yang menelan dana Rp8,6 miliar itu. Ini tidak sesuai dengan pertemuan kami dengan mereka yang menjanjikan akan menanggung biaya pemindahan,” bebernya.

Menurutnya, pipa itu berada di areal pembangunan Tol Bocimi, di ruas Ciawi-Cigombong. “Pipa AC ukuran 21 inch sepanjang 600 meter merupakan saluran air dari mata air Tangkil, salah satu sumber utama PDAM Tirta Pakuan. “Saliuran pipa itu menyuplai air untuk 11 ribu pelanggan di Kecematan Bogor Timur dan Selatan,” tambahnya.

Deni berharap PT TJT meninjau kembali rencana untuk memaksakan PDAM merelokasi pipa yang berada di proyek jalan tol tersebut. “Jangan sampai masyrakat dan kami dikorbankan akibat pemaksaan relokasi pipa ini,” harpnya. (iwan/ruh)

Teks : Pembanguana Tol Bocimi terganjal dengan saluran pipa PDAM Kota Bogor