Thursday, 12 December 2019

Buang Sampah Sembarangan, 15 Orang Terkena OTT Satpol PP

Minggu, 14 Februari 2016 — 17:39 WIB
teks : Salah seorang warga tertangkap tangan saat membuang sampah-wandi

teks : Salah seorang warga tertangkap tangan saat membuang sampah-wandi

JAKARTA (Pos Kota) – Tertangkap tangan membuang sampah sembarangan, belasan orang ditangkap aparat Satpol PP Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. Mereka terjaring dalam operasi yang digelar petugas di kawasan Jalan Raya Cilincing, Minggu (14/2/2016).

Ke 15 orang itu diantaranya warga Bekasi dan warga Cilincing. Oleh petugas para pelaku pembuangan sampah itu langsung diambil KTPnya dan diwajibkan lapor dan bekerja bersih-bersih bersama petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU).
“Kelima belas orang pelanggar ini langsung kita proses. Dan KTPnya kita tahan. Mereka akan di BAP untuk mempertanggung jawabkan perbuatan buang sampah sembarangan, mereka juga diwajibkan untuk lapor diri dan bersama petugas PPSU ikut bersih-bersih,” kata Lurah Cilincing, Sugiman.

Menurut Lurah, memang selama ini pihaknya gencar-gencarnya menggelar operasi tangkap tangan (OTT) pembuang sampah sembarangan. Ini dilakukan tujuannya untuk membuat jera masyarakat agar kedepan mereka tidak asal buang sampah saja.

Di TPS liar Jalan Raya Cilincing, memang kerap kali dijadikan warga yang melintas di kawasan ini untuk membuang sampah. Apalagi TPS berada di perbatasan antara wilayah Jawa Barat Bekasi dan Jakarta Utara sehingga mereka sambil berjalan bisa membuang sampah sembarangan. Sugiman juga menjelaskan, para pelaku pembuang sampah ini juga didenda Rp 500 ribu/orang. Namun, karena merekan tidak mampu membayar akhirya hukumanya ikut bersih-bersih.

Sementara itu, Supriyatin, 34, salah seorang warga yang tertangkap saat OTT mengaku kapok. Menurutnya, memang selama ini dirinya sering membuang sampah terutama saat akan berangkat kerja. “Biasanya sambil naik motor saya bawa sampah lalu saya buang di lokasi ini. Makanya dengan tertangkapnya ini saya benar-benar kapok dan tidak akan mengulangi lagi membuang sampah sembarangan,”kata pria yang mengaku warga Marunda, Cilncing, Jakarta Utara ini.

Ia juga menambahkan, pada saat ditangkap pihaknya selain di BAP juga didenda Rp 500 ribu. Tapi karena tidak punya uang akhirnya dirinya diminta untuk bersih-bersih wilayah. (Wandi/yh)