Sunday, 15 December 2019

Fuad : Dolar AS Menguat Menjadi Ancaman Terhadap Rupiah

Sabtu, 27 Februari 2016 — 17:18 WIB
Foto- Ilustrasi

Foto- Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Kurs dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap sejumlah mata uang di beberapa negara. Kondisi seperti  ini bisa menjadi ancaman bagi melemahnya nilai rupiah terhadap dolar AS.

“Menguatnya dolar AS terhadap sejumlah mata uang karena membaiknya perekonomian AS,” kata pengamat ekonomi senior Fuad Bawazier yang dihubungi di Jakarta, Sabtu (27/2).

Mantan menteri keuangan ini menambahkan di satu sisi membaiknya perekonomian AS, tetapi di sisi lain ada kekhawatiran atas memburuknya ekonomi China. “Inilah yang membuat kurs dolar AS atas sejumlah mata uang di beberapa negara,” terang Fuad.

Bagaimana ancamannya terhadap rupiah? Fuad menambahkan sekarang ini belum menjadi ancaman, dan masih melihat perkembangannya ke depan, tapi memang secara umum kalau dolar AS menguat akan berdampak terhadap melemahnya rupiah.

Ia mengatakan bagi eksportir Indonesia memang sangat menguntungkan dengan kondisi dolar AS yang menguat sekarang ini, karena pendapatan penjualannya lebih banyak, dan berbeda dengan importir dengan menguatnya kurs dolar AS karena harga-harga barang impor lebih mahal.

Tidak Perlu Panik

Namun demikian, Fuad menyarankan pelaku usaha tidak perlu panik karena sampai kini menguatnya nilai  mata uang dolar AS belum berdampak terhadap rupiah. Selain itu, kita memiliki pengalaman saat Bank Sentral AS (The Fed) akan menaikan suku bunga dolar AS.

“Saat itu, ada kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga dolar AS akan diikuti dengan melemahnya nilai rupiah, tapi kenyataannya rupiah kita justru sebaliknya menguat. Sebab itu, kondisi dolar AS yang menguat sekarang ini tidak perlu direspon berlebihan karena akan berdampak kepada pasar kita,” terang Fuad.

Seperti diketahui menguatnya dolar AS berdampak kepada sejumlah mata uang melemah, misalnya, mata uang pound Inggris, dolar Australia, Yen Jepan dan sejumlah mata uang lainnya lemah atas dolar AS. Sementara nilai rupiah atas dolar AS berada pada. kisaran Rp13.389-Rp13.421 per dolar AS. (Johara/win)

Terbaru

Anggota Komisi I  DPR RI, Sukamta. (rizal)
Minggu, 15/12/2019 — 19:17 WIB
UU Kewarganegaraan Ancam Imigram Muslim
PKS Desak Pemerintah Panggil Kedubes India
CEO Sahara Farah menerima piagam penghargaan dari Muri atas pemecahan rekor Gebyar 10.000 Warung. (ist)
Minggu, 15/12/2019 — 18:55 WIB
Gelar GEBYAR 10.000 WARUNG, SAHARA Ukir Rekor MURI