Thursday, 21 November 2019

Jalan Rusak di Jakarta Timur Membahayakan

Kamis, 3 Maret 2016 — 19:42 WIB
Kondisi jalan rusak di jalan DI Panjaitan. (Ifand)

Kondisi jalan rusak di jalan DI Panjaitan. (Ifand)

JATINEGARA (Pos Kota) – Sudah hampir dua bulan belakangan ini, sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta Timur, rusak. Pihak terkait seakan membiarkan dan terkesan menunggu hingga jatuh korban, baru dilakukan perbaikan.

Dari pantauan yang dilakukan, sejumlah jalan rusak tersebut di antaranya beberapa titik di Jalan DI Panjaitan tepatnya di dekat terowongan Halim. Selain itu, sekitar 500 meter dari Kantor Camat Jatinegara, juga berlubang. Kerusakan yang cukup parah dengan diameter 30 sentimeter dan kedalaman 10 sentimeter itu berada persis di tengah jalan.

Pemandangan serupa juga terlihat di Jalan Raya Otista. Hampir di sekitar jalan rusak itu, pasir-pasir yang berhamburan juga membahayakan pengendara yang bisa tergelincir kapan saja.

jalan rusak

Aji Saputra, 28, pengendara sepeda motor mengaku, harus berhati-hati setiap kali melintas di Jalan DI Panjaitan. Pasalnya selain jalan berlubang, ada banyak pasir dan batu yang berserakan sehingga rawan tergelincir. “Harus pelan-pelan, kalau nggak yang ada malah jadi celaka,” katanya, Kamis (3/3).

Atas kondisi itu, karyawan swasta ini mengharapkan pihak terkait segera memperbaiki. Jangan sampai karena kerusakan yang dibiarkan itu malah menimbulkan menimbulkan korban jiwa. “Kalau nggak juga diperbaiki, kita malah menduga sengaja supaya warga dijadikan tumbal,” Aji.

Menanggapi hal itu, Kepala Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Juaini Yusuf mengatakan, kerusakan yang terjadi akan ditangani dengan sistem tambal sulam untuk sementara waktu. “Kalau diperbaiki secara menyeluruh belum bisa dilakukan, karena saat ini masih terkendala cuaca yang sedang musim hujan,” ujarnya.

Dikatakan Juani, pihaknya bukan tidak mau memperbaiki saat ini, namun karena cuacanya yang terus turun hujan. Pasalnya, bila dipaksakan untuk diperbaiki, malah akan membuat rontok aspal. “Jadinya untuk menyiasti hal tersebut, kita pakai sistem tutup lobang untuk sementara,” kata Juani.

Kasudin mengklaim, sudah memperbaiki sejumlah kerusakan ringan seperti yang ada di Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, ataupun Jalan Paus, Pulogadung. “Kalau untuk kerusakan, diperkirakan bulan depan baru mulai bekerja,” ungkapnya. (Ifand)