Sunday, 17 November 2019

Kim Jong-un Perintahkan Militer Korut Siapkan Senjata Nuklir

Jumat, 4 Maret 2016 — 7:42 WIB
Kim Jong-un memerintahkan militer Korut menyiapkan senjata nuklir.

Kim Jong-un memerintahkan militer Korut menyiapkan senjata nuklir.

KOREA UTARA- Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memerintahkan militer negaranya untuk menyiapkan senjata nuklir sehingga bisa dipakai “sewaktu-waktu”.

Kepada perwira tinggi militer Korut, Kim menegaskan postur militer akan direvisi agar siap meluncurkan serangan pendahuluan.

“Kita harus selalu siap menembakkan hulu ledak nuklir kita sewaktu-waktu,” ujar Kim, sebagaimana dikutip kantor berita Korut, KCNA.

Kim, yang melontarkan pernyataan itu dalam sebuah latihan militer, mengatakan musuh-musuh tengah mengancam keberadaan Korut.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan Korut telah menembakkan enam proyektil jarak dekat pada Kamis (04/03). Juru bicara pemerintah Korsel mengatakan keenam proyektil itu ditembakkan sekitar pukul 10.00 waktu setempat dari Wonsan di pesisir timur Korut.

Pernyataan Kim Jong-un dan laporan penembakan enam proyektil Korut mengemuka setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa menerapkan sejumlah sanksi baru terhadap Pyongyang atas uji coba nuklir dan peluncuran roket bulan lalu.

Beberapa dari langkah yang baru ini dilaporkan sebagai sanksi yang terkeras atas Korea Utara selama dua dekade belakangan.

Termasuk di dalamnya adalah setiap kargo yang masuk dan ke luar dari negara itu akan diperiksa, sementara 16 individu baru dan 12 organisasi masuk dalam daftar hitam.(BBC)