Wednesday, 20 November 2019

Selidiki Sampah Kulit Kabel, Polisi Masuk Gorong-gorong

Sabtu, 5 Maret 2016 — 18:31 WIB
Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Iwan Kurniawan, melihat gorong-gorong yang disusuri petugas gabungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Dinas Tata Air DKI Jakarta, PT Telkom, dan PT PLN.  (julian)

Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Iwan Kurniawan, melihat gorong-gorong yang disusuri petugas gabungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Dinas Tata Air DKI Jakarta, PT Telkom, dan PT PLN. (julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya bersama Dinas Tata Air Pemprov DKI Jakarta, PT PLN, dan PT Telkom kembali melanjutkan penyelidikan terkait dugaan unsur pidana dalam penemuan 22 truk kulit kabel di gorong-gorong dekat sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (5/3/2016) sore.

Pantauan Poskotanews, saat ini sekitar 30 personel bersiap masuk ke dalam gorong-gorong di depan Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atau sekitar bundaran air mancur Patung Kuda, Jakarta Pusat. Menurut rencana mereka akan menyusuri gorong-gorong hingga ke seberang Istana Merdeka.

“Jadi hari ini kami mau melanjutkan (penelusuran), ini ada tim gabungan kami dari Krimsus Polda Metro Jaya, sekarang dengan Telkom, Tata Air, dan PLN akan memasuki gorong-gorong yang tersumbat bekas sayatan gulungan kabel,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mujiyono, di sekitar lampu merah depan Gedung Kementerian ESDM Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakpus, Sabtu (5/3/2016).

“Jadi tim akan masuk gorong-gorong lagi mencari barang bukti untuk olah TKP yang ada di gorong-gorong,” imbuhnya.

Mujiyono menambahkan, penyurusan di dalam gorong-gorong ini selain untuk mencari barang bukti juga untuk mencari titik terang tentang dugaan adanya unsur pidana terkait ditemukannya kulit kabel sebanyak 22 truk di sekitar gorong-gorong tersebut.

“Dengan tim akan menyusuri gorong-gorong itu mudah-mudahan akan ditemukan barang bukti yang kami cari. Kami juga akan mengetahui TKP yang sebenarnya sehingga ini akan membukakan kami untuk penyelidikan lebih lanjut,” imbuhnya.

(Baca: Jenis dan Diameter Kulit Kabel di Gorong-gorong Beda Dengan Milik PLN)

Dari hasil penelusuran sebelumnya, tim Ditreskrimsus Polda Metro Jaya bersama tim PLN dan Dinas Tata Air Pemprov DKI Jakarta menemukan sejumlah peralatan untuk menggali di gorong-gorong Ring 1, Jalan Medan Merdeka Selatan sampai Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2016).

Di antaranya, ada barang bukti sekitar 10 senter kepala (headlamps), beberapa di antaranya ditemukan masih menyala seperti baru. Kemudian dua gergaji, tiga terpal, celana, tambang, tali rafia, kulit kabel, sendok, pacul kecil hingga linggis. Diduga para penggali yang tak diketahui identitasnya itu belum lama masuk ke gorong-gorong.

“Jadi temuan barang bukti kemarin sangat berarti bagi seorang penyidik. Temuan barang bukti tersebut tentunya akan kami tindaklanjuti. Mudah-mudahan ke depan semakin terang apa yang terjadi yang sebenarnya,” imbuh Mujiyono. (julian)