Friday, 06 December 2019

Puluhan Kali Beraksi di Jabodetabek

Komplotan Maling Spesialis Kantor Digulung Polda Metro

Kamis, 10 Maret 2016 — 10:52 WIB
bbukti

JAKARTA (Pos Kota) – Aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus tiga dari lima anggota komplotan pencuri spesialis perkantoran yang kerap beraksi di wilayah Jabodetabek. Selain perkantoran, kawanan yang sudah puluhan kali beraksi ini juga sering menyambangi rumah mewah kosong.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Eko Hadi Santoso mengatakan, ketiga tersangka dibekuk di kediaman mereka masing-masing di kawasan Depok, Jawa Barat, Rabu (9/3/2016). Mereka adalah Hendrik Mapusa, 31, Mustafa Kamal, 31, dan Salim Gunawan alias Ayung, 38. “Sementara dua pelaku lain masih kita buru, mereka adalah Deden serta seorang penadah bernama Afan,” kata AKBP Eko, Kamis (10/3/2016).

Dijelaskan Eko, penangkapan tersebut merupakan hasil penyelidikan pihak atas banyaknya laporan kasus pencuriann rumah mewah yang dilakukan komplotan ini. Catatan di kepolisian, komplotan spesialis ini sudah beroperasi lebih dari 20 kali sejak Desember 2015. “Selain di Jakarta, mereka juga kerap beraksi di Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor,” kata Eko. Aksi terakhir dilakukan kawanan ini pada Kamis (7/3/2016) lalu di sejumlah kantor di Bekasi dan Jakarta Timur. Dalam aksinya tersebut, komplotan maling ini ‘sukses’ menjarah beberapa barang seperti komputer, laptop, TV , uang dalam brankas bahkan surat tanah.

TAK BERKUTIK
Atas laporan tersebut, Tim Opsnal Unit V Resmob Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Handik Zusen berhasil melacak identitas serta keberadaan para pelaku. Dari lima pelaku yang berhasil diidentifikasi, tiga di antaranya ditangkap tanpa perlawanan. “Sebelum beraksi mereka sebelumnya menyisir calon tempat yang akan dieksekusi. Kemudian mereka beraksi merusak kunci mengunakan kunci L, gunting baja dan linggis,” kata Kompol Handik.

Selain meringkus ketiga tersangka petugas juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya satu Honda Jazz warna biru, mobil Daihatsu Xenia warna Silver, lima Unit Hanphone dan uang tunai Rp1.750.000,- . (yahya)