Thursday, 05 December 2019

Pemda Diminta Perkuat Basis Data Koperasi dan UMKM

Kamis, 17 Maret 2016 — 18:46 WIB
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop & UKM,  ​Wayan Dipta/ist

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop & UKM, ​Wayan Dipta/ist

JAKARTA (Pos Kota) – Pemda diminta memperkuat basis data usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ini untuk membangun data koperasi dan UMKM dan peran aktif Pemda.

“Sehingga nantinya dapat berperan aktif pada berbagai program yang disusun berbasis sinergitas yang holistik tematik, integratif dan spasial,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM, I Wayan Dipta, Kamis (17/3).

Ini juga merupakan salah satu upaya memperkuat daya saing. Dengan membangun data usaha koperasi & UKM yang kuat, lanjutnya, bisa diambil kebijakan yang akurat, integratif dan holistik.

Selain itu, ia juga menambahkan perlu mempersiapkan langkah strategis persiapan dan usulan kegiatan terobosan dalam rangka pemantapan program 2017.

Dari berbagai program yang sudah dilakukan, menurut Wayan,  salah satunya MoU antara Mentan, Menkop & UKM, Dekopin, Bulog dan bank untuk Sergap (serap gabah petani, red).

Pada 2016, pemerintah setiap panen menargetkan 4 juta ton gabah diserap melalui peran PPL dan koperasi yang kemudian ditampung Bulog.

Untuk tiga bulan pertama, kata Wayan, koperasi ditugasi dua juta ton gabah. Pembiayaan ditanggung pemerintah melalui Bulog Rp 20 triliun,” jelasnya. (setiawan/win)