Monday, 14 October 2019

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 411 Kostrad Cek Urine

Jumat, 18 Maret 2016 — 7:52 WIB
Prajurit Kostrad yang jaga perbatasan RI-PNG tes urine. (pen-kostrad)

Prajurit Kostrad yang jaga perbatasan RI-PNG tes urine. (pen-kostrad)

JAYAPURA (Pos Kota) – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 411 Kostrad bekerja sama dengan BNN Prov. Papua melaksanakan pengecekan urine untuk mewaspadai dan mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba prajuritnya, bertempat di Kantor BNN Prov. Papua, Jayapura.

“Semua prajurit akan melaksanakan tes urine, jangan sampai ada prajurit kami yang menggunakan narkoba, apalagi saat ini kami sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, kita harus menjaga nama baik satuan,” ujar Pasi Intel Lettu Inf Ari Kuswanto.

Langkah ini, menurut Pasi Intel Satgas Yonif Raider 411 Kostrad adalah salah satu upaya pengawasan internal terhadap anggotanya dan komitmen Satgas untuk mendukung upaya pemberantasan narkoba, mengingat penyalahgunaan narkoba, baik sebagai pemakai maupun pengedar merupakan salah satu dari tujuh pelanggaran berat kedisiplinan bagi Prajurit TNI.

“Apabila dalam tes urine ini terdapat anggota yang terbukti positif menggunakan narkoba, maka akan diberikan tindakan tegas dan akan diproses lebih lanjut,”  tegasnya

Dari sampel urine yang diambil dan hasil pemeriksaan oleh petugas BNN, hasilnya dinyatakan “negatif”, tidak ada Prajurit Yonif Raider 411 Raider Kostrad yang menggunakan narkoba. Hasil ini disahkan oleh kepala BNN Prov. Papua Drs. Jackson Lapalonga, M.Si.

Kapen Kostrad
Letkol Inf Heru Dwi Wahana