Sunday, 17 November 2019

Kostrad Gelar `One Day Trip Adventure Trail` di Denharrahlat Sanggabuana

Senin, 28 Maret 2016 — 9:46 WIB
Kepala Staf Kostrad  Mayjen  TNI Meris Wiryadi saat memeriksa motor dalam kegiatan One Day Trip Adventure Trail. (pen-kostrad)

Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Meris Wiryadi saat memeriksa motor dalam kegiatan One Day Trip Adventure Trail. (pen-kostrad)

KARAWANG (Pos Kota) – Peringatan HUT ke-55 Kostrad, Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Meris Wiryadi memimpin kegiatan One Day Trip Adventure Trail di Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlat) Kostrad Sanggabuana, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diikuti 1.050 crosser dengan menyusuri trek pegunungan Sanggabuana, Minggu (27/3).

Kaskostrad mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-55 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) 6 Maret lalu. Dikatakannya, kegiatan adventure Trail Kostrad merupakan salah satu cara untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat. “Kita adventure-nya juga bareng masyarakat lokal sekalian menguji kesabaran menghadapi medan di pegunungan Sanggabuana,” ungkapnya.

Kepala Staf Kostrad Mayor Jenderal TNI Meris Wiryadi menyebutkan lomba petualangan motor trail ini tak hanya bertujuan mengenalkan keindahan alam, tapi juga bagaimana mengajarkan cara melestarikannya.

“Kita sangat berterima kasih dengan antusiasnya masyarakat dalam mengikuti rangkaian ulang tahun ke-55 Kostrad,” kata Kaskostrad Mayjen TNI Meris Wiryadi.

Menurutnya, masyarakat harus mengenal alam agar pelestarian lingkungan hidup terus terjaga, acara tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Sebelum mengangkat bendera di titik Start, Kaskostrad berkesempatan melaksanakan Penanaman pohon sebanyak 4000 Pohon yang secara simbolis didampingi oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana dan Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad Mayjen TNI Sudirman beserta para tamu undangan.

Para Asisten dan Kabalak Kostrad juga turut dalam One Day Trip Adventure Trail Kostrad, adapun kegiatan tersebut juga diikuti croser dari masyarakat dan Anggota TNI.

Kaskostrad menambahkan, dalam acara tersebut pihaknya juga melakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti Karya Bakti rehap Rumah warga, rehap Posyandu, rehap Musholla, pembuatan Jembatan, pengecoran jalan, pembuatan MCK umum, pemasangan instalasi listrik serta bakti sosial operasi Katarak, sunatan masal, pengobatan gratis serta penanaman 15.000 pohon di kota Karawang dan Gunung sanggabuana.

Ketua Panitia penyelenggara One Day Extreme, Kolonel Inf Ronta Agus Kistanto, S.I.P, menambahkan trek Denharrahlat dipilih karena lebih menantang, Rute start dan finish di Denharrahlat Kostrad Sanggabuana, Melintasi Mapay-mapay Kaki Gunung Sanggabuana dan Obyek Wisata Curug Cigentis, kemudian kembali ke start awal di Denharrahlat,” jelasnya.

Peserta juga disuguhkan keindahan alam pegunungan Sanggabuana sejauh 30 kilometer. “Dalam lomba ini, bukan hanya kecepatan yang dibutuhkan, melainkan juga ketangkasan dan keterampilan,” diakhir acara Adventure Trail akan diadakan Puluhan Undian Doorprize yang disediakan panitia,” kata Ronta Agus Kistanto.

Trail Adventure in one day extreme merupakan ajang bergengsi untuk menghadapi tantangan sekaligus menguji adrenalin., “Kegiatan ini bertujuan Memperkenalkan olah raga Advanture Trail kepada masyarakat luas, Sebagai sarana pembinaan hobby, Meninggkatkan kemampuan para Offroader serta Sebagai ajang promosi obyek wisata kepada masyarakat luas.

Melalui kegiatan adventure trail ini, dapat dijadikan sebagai ajang peningkatan prestasi para offroader sekaligus sarana komunikasi dan forum silaturahmi prajurit Kostrad dengan masyarakat sekitarnya dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Hal ini sejalan dengan tema hut ke-55 Kostrad tahun 2016 ini, yaitu : “Dilandasi Semangat HUT Ke-55 Kostrad Kita Mantapkan Jati Diri Prajurit Kostrad yang Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Kapen Kostrad
Letkol Inf Heru Dwi Wahana