Sunday, 08 December 2019

Instruksi Presiden Jokowi

Menhub Jonan Tegaskan Tarif Angkutan Turun 3 Persen

Rabu, 30 Maret 2016 — 17:26 WIB
Ignatius Jonan

Ignatius Jonan

JAKARTA – Presiden Jokowi dalam rapat terbatas Kabinet meminta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menurunkan tarif angkutan umum menyusul penurunan haraga BBM, per 1April. Menhub pun mengumumkan, tarif ankutan turun 3 persen.

“Penurunan 3 persen plus minus. Ini tergantung pakai premium atau solar,” ujar Jonan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Jonan menyatakan,  tarif angkutan umum akan turun 3%. Keputusan ini dilakukan setelah pemerintah memutuskan penurunan harga BBM jenis solar dan premium sebesar Rp 500 per liter per tanggal 1 April.

Menurut dia, penurunan ini berlaku untuk angkutan penyeberangan (laut dan sungai), angkutan kereta dan angkutan transportasi darat.

Dia menegaskan, untuk transportasi darat seperti bus perkotaan hingga antar kota antar provinsi, Jonan akan mengirim surat edaran kepada Kepala Daerah. Surat tersebut berisi rekomendasi untuk penurunan tarif angkutan.

Tarif angkutan darat sendiri diatur oleh Pemerintah Daerah sedangkan tarif angkutan penyeberangan dan kereta diatur oleh Kemenhub. “Nanti dituangkan dalam surat Menhub,” ungkap mantan Dirut PT KAI itu. (win)