Wednesday, 23 October 2019

Puluhan Bangunan di Rajawali Selatan Dibongkar Petugas

Rabu, 6 April 2016 — 19:52 WIB
Puluhan bangunan liar di Jalan Rajawali Selatan I, Kelurahan Gunung Sahari Utara, dibongkar. (Joko)

Puluhan bangunan liar di Jalan Rajawali Selatan I, Kelurahan Gunung Sahari Utara, dibongkar. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan bangunan liar di Jalan Rajawali Selatan I, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawahbesar, dibongkar petugas. Pembongkaran ini dalam rangka menormalisasi saluran air serta mengembalikan fungsi jalan raya yang menyempit karena diserobot warga untuk dijadikan warung merangkap hunian.

Pembongkaran yang mengerahkan 100-an petugas gabungan dipimpin Wakil Camat Sawahbesar Putut Kalangkung dan Lurah Trisno Mulyono. “Sebanyak puluhan bangunan kami bongkar karena berdiri di atas tanah negara. Bangunan itu, sebagian berdiri di atas badan jalan dan saluran air,” ujar Lurah Trisno. Saluran air yang tertutup bangunan selama 10-an tahun itu jadi mampet dan mengakibatkan kawasan setempat rawan banjir.

Selama berlangsungnya pembongkaran yang dilakukan secara manual, berlangsung kondusif. “Hampir semua pemilik warung maupun penghuni bangunan liar ini menyewa kepada orang lain. Namun siapa pemilik sebenarnya mereka mengaku tidak tahu karena perjanjian sewa sudah berpindah-pindah dari tangan pertama, kedua, dan sebagainya,” Trisno. Sebanyak 100-an personil gabungan dari dari petugas Kecamatan Sawahbesar, Kelurahan Gunung Sahari Utara, dan instansi terkait, termasuk Satpol-PP, PPSU, dan polisi.

Menurutnya, pembongkaran ini akan dilanjutkan ke seluruh badan jalan raya tersebut. Khususnya seluruh bangunan yang berdiri di atas lahan milik pemerintah akan dibongkar untuk kepentingan masyarakat lebih luas. Sosialisasi sudah dilakukan dan penertiban lanjutan segera dilaksanakan. (Joko/yh)