Friday, 13 December 2019

Cegah Flu Burung, Pondok Labu Sudah Steril Dari Unggas

Sabtu, 9 April 2016 — 11:27 WIB
Petugas gabungan Kelurahan Pondok Labu, Sudin KPKP Jaksel bersama 3 Pilar memusnahkan puluhan kandang unggas di 2 RW di Pondok Labu, Cilandak. (Rachmi)

Petugas gabungan Kelurahan Pondok Labu, Sudin KPKP Jaksel bersama 3 Pilar memusnahkan puluhan kandang unggas di 2 RW di Pondok Labu, Cilandak. (Rachmi)

CILANDAK (Pos Kota) – Pasca diultimatum akan ada pemusnahan massal oleh aparat, 2 RW di Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, kini steril unggas. Petugas gabungan membakar puluhan kandang milik warga guna mencegah flu burung.

“Tiga hari lalu, kami menyisir 2 RW dan memotong sekitar 20 ekor unggas,” kata Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah di lokasi di RW 03 dan RW 07, Jumat (8/4).

Siti memberi surat peringatan terhadap warga yang membandel yang masih memelihara unggas akan dipotong serentak. Ini sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 4/2007 tentang larangan memelihara unggas di permukiman untuk mencegah kasus flu burung yang dapat menular ke manusia.

Saat monitoring ulang, Lurah Pondok Labu, Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jaksel dibantu jajaran 3 Pilar terus bergerak dan langsung membakar 30 kandang unggas.

Kandang terbanyak di 2 RT di RW 07 yakni RT 05 dan RT 06. Serta di RT 04/03. Petugas memberi surat peringatan kepada puluhan pemilik unggas dan sebagian besar dijual.

“Kendati 2 RW sudah steril, kami akan terus merazia unggas peliharaan warga di RW lainnya untuk mengantisipasi flu burung. Sebelumnya 23 ekor ayam dan entok di Cilandak Barat mati mendadak akibat flu burung,” jelasnya. (Rachmi/win)