Wednesday, 23 October 2019

Barcelona Lebih Diunggulkan Raih Juara Liga Spanyol

Selasa, 12 April 2016 — 8:00 WIB
Unggul head to head menguntungkan Barcelona dibanding Real Madrid dan Atletico (reuters)

Unggul head to head menguntungkan Barcelona dibanding Real Madrid dan Atletico (reuters)

SPANYOL- Perebuatan juara Liga Spanyol masih akan seru. Tiga peringkat ke atas masih berpeluang jadi kampiun musim ini. Yaitu Barcelona, Atletico Madrid dan Real Madrid. Meski demikian Barcelona lebih memiliki kesempatan untuk mempertahankan gelarnya.

Hingga pekan ke-32 selisih poin ketiga tim semakin menipis.Barca memilik 76 poin, Atletico 73 poin dan Real Madrid 72 poin. Ketiga tim masih akan berlaga enam kali hingga akhir musim atau dengan kata lain masih mampu mendulang maksimal 18 poin.

Sesuai jadwal La Liga akan berakhir 15 Mei 2016. Ketiga tim masih menghadapi tim-tim tangguh. Seperti Barcelona Senin 18 April dinihari WIB akan menjamu Valencia. Padahal sebelumnya Messi dan kawan-kawan harus menghadapi pertandingani leg kedua perempat final Liga Champions di kandang Atletico Madrid, Kamis dinihari besok.

Mengapa Barcelona memiliki peluang lebih bagus? Jawabnya karena pimpinan klasemen sementara La Liga Spanyol memiliki keunggulan dibanding duo Madrid apabila kompetisi di musim ini berakhir dengan perolehan angka yang sama di antara ketiganya.

Adalah rekor head-to-head yang lebih baik melawan Atletico Madrid dan Real Madrid menjadi ‘senjata’ Barcelona untuk bisa menyegel gelar juara La Liga jika di akhir musim perolehan poin mereka sama.
Tak seperti Liga Primer Inggris yang menentukan gelar juara dengan selisih gol apabila perolehan poin tim penghuni papan atas sama, La Liga menentukan gelar juara dengan melihat situasi agregate di antara tim yang bersaing.

Secara head-to-head, Barcelona menang 5-2 secara agregate atas Real Madrid, sementara melawan Atletico, tim Katalan tersebut menang dua kali di musim ini.

Sementara bila Atletico Madrid dan Real Madrid menyudahi musim dengan perolehan angka yang sama, tim besutan Diego Simeone akan diposisikan lebih tinggi ketimbang rival sekota mereka karena kemenangan di Santiago Bernabeu dan hasil imbang di Vicente Calderon.(B)