Monday, 21 October 2019

Korban Tewas Akibat Gempa di Ekuador Capai 272 Jiwa

Senin, 18 April 2016 — 17:07 WIB
Warga kota Portoviejo beristirahat di luar rumah mereka yang hancur akibat gempa Ekuador (reuters)

Warga kota Portoviejo beristirahat di luar rumah mereka yang hancur akibat gempa Ekuador (reuters)

EKUADOR – Presiden Rafael Correa mengatakan korban gempa 7,8 SR di Ekuador telah mencapai 272 jiwa. Angka ini diperkirakan terus bertambah seiring tim penyelamat menggali reruntuhan.

Pada hari Minggu pagi, Wakil Presiden Jorge Glas memperkirakan sedikitnya 2,527 orang terluka.
Wilayah yang mengalami kerusakan paling besar adalah provinsi Manabi.

Menurut pejabat manajemen penanganan bencana nasional, Ricardo Penaherrera, sekitar 200 orang warga Manabi tewas. Kota-kota wisata seperti Manta, Portoviejo dan Pedernales juga mengalami kerusakan yang parah.

Gempa terjadi Sabtu sekitar pukul 19:00 waktu setempat atau hari Minggu pukul 07:00 WIB. Kerasnya goncangan membuat satu pusat belanja runtuh menimpa para pelanggan.

Pemerintah telah menyatakan enam provinsi yang berada di tepi laut dalam keadaan darurat.
Demi membantu para korban, Ekuador telah menurunkan sedikitnya 10 ribu prajurit dan 4.600 polisi di wilayah yang mengalami kerusakan akibat gempa. Angkatan bersenjata mendirikan rumah sakit bergerak di kota Perdernales dan Portoviejo. Anggota militer juga mendirikan penampungan sementara untuk para korban yang kehilangan rumah.

Presiden Correa mengatakan dana darurat sebesar 300 juta dolar akan digunakan untuk menangani bencana dan pihaknya sedang mencari bantuan keuangan dari negara-negara tetangga. (daus)