Wednesday, 16 October 2019

Sempat Unggul, Liverpool Ditahan Imbang Newcastle 2-2

Sabtu, 23 April 2016 — 23:22 WIB
Pemain-pemain Newcaslte berbahagia karena akhirnya bisa bermain imbang 2-2 lawan Liverpool (reuters)

Pemain-pemain Newcaslte berbahagia karena akhirnya bisa bermain imbang 2-2 lawan Liverpool (reuters)

INGGRIS – Sempat unggul 2-0, akhirnya Liverpool hanya bisa bermain imbang 2-2 atas tamunya, Newcastle United, di Anfield, Sabtu (23/4) malam WIB. Gol tuan rumah yang diciptakan Daniel Sturridge dan Adam Lallana di babak pertama bisa dibalas dengan gol Papiss Demba Cisse dan Joe Colback di babak kedua.

Hasil seri ini membuat Liverpool masih di peringkat tujuh klasemen sementara dengan poin 55, selisih satu angka dengan West Ham United yang berada di atasnya.

Babak pertama baru berjalan 68 detik, Sturridge langsung mencetak gol setelah mendapat umpan dari Alberto Moreno. Walaupun ditempel Paul Dummett dan Jamal Lascelles, penyerang 26 tahun ini mampu mengoyak gawang Newcastle yang dijaga Karl Darlow.

Sturridge mengincar gol keduanya di menit ke-18. Kali ini dari jarak 20 meter, Sturridge mengirimkan sepakan kerasnya. Namun bola masih melayang di atas mistar gawang.

Gol kedua tuan rumah diciptakan di menit ke-30 oleh Lallana. Setelah mendapat umpan lambung dari Moreno, Lallana mengontrol bola dan mengirimkan bola ke pojok atas gawang tamunya.

The Magpies baru menciptakan peluang pertamanya di jelang akhir babak pertama. Vurnon Anita yang mendapat bola liar menendang bola dari sudut yang sempit. Tapi sepakannya masih melayang di atas mistar gawang.

Di babak kedua, Magpies berusaha mengejar ketinggalan dan menit ke-48 sundulan Cisse berbuah gol. Berawal dari umpan lambung Anita dari sisi kanan serangan, kiper Simon Mignolet berusaha mengejar bola namun Cisse terlebih dahulu menyundul bola ke pojok gawang.

Newcastle hampir menyamakan kedudukan di menit ke-52. Berhasil merebut bola dari Sturridge, Cheick Tiote memberikan bola ke Georginio Wijnaldum. Tapi Cisse yang mendapat umpan dari striker asal Belanda kesulitan mengontrol bola dan memilih mengoper ke Andros Townsend. Sepakan Townsend melayang di atas mistar gawang.

Menit ke-60 gol Firmino dianulir oleh wasit. Berawal dari sundulan Joe Allen yang diusir Darlow, bola justru jatuh ke Firmino yang kemudian mengirimkan bola ke gawang Newcastle. Tapi hakim garis menyatakan pemain asal Brazil ini dalam posisi offside.

Newcastle berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-66. Umpan silang Townsend diusir oleh Dejan Lovren namun sundulan Lovren jatuh ke depan Jack Colback. Gelandang bernomor punggung 14 langsung menyepak bola ke gawang tuan rumah. Mignolet berusaha memblokir bola namun hanya membuat bola berubah arah tapi tetap masuk ke gawang yang dijaganya.

Lallana berusaha membuat tuan rumah kembali unggul dengan umpan silangnya ke kotak penalti Newcastle namun tidak ada rekan satu tim yang bisa memanfaatkannya. Sesaat kemudian, Sturridge berusaha menyundul umpan silang Lallana tapi Darlow masih bisa menangkap bola dengan sempurna.
Menit ke-87, Oluwaseyi Ojo memberikan umpan tarik ke Coutinho namun sepakan pemain asal Brasil ini masih bisa diblokir Anita.

Pasukan Rafa Benitez belum bisa lolos dari zona degradasi karena hasil seri ini hanya membuat Newcastle selisih satu angka dengan Norwich yang berada di peringkat 17.

Sementara itu, Chelsea memperbaiki posisinya di klasemen setelah meraih kemenangan 4-1 atas tuan rumah Bournemouth di Dean Court. Gol Pedro di menit ke-5 dan Eden Hazard di menit ke-34 dibalas tuan rumah dengan gol Tommy Elphick di menit ke-36. Chelsea berhasil menambah gol di babak kedua berkat gol Willian di menit ke-71 dan di waktu tambahan babak kedua, Hazard kembali menambah gol setelah mendapat umpan dari Nemanja Matic.
Tiga angka yang direbut Chelsea membuat pasukan Guus Hiddink naik ke peringkat sembilan sedangkan Bournemouth masih tetap di peringkat 13.(daus)