Sunday, 08 December 2019

Tekuk Stoke 0-4, Manchester City Naik ke Posisi Ketiga

Sabtu, 23 April 2016 — 20:50 WIB
Pemain-pemain Manchester City rayakan kemenangan 4-0 atas Stoke City (reuters)

Pemain-pemain Manchester City rayakan kemenangan 4-0 atas Stoke City (reuters)

INGGRIS – Manchester City menaklukkan Stoke City 4-0 di Emirates Stadium, Sabtu (23/4) malam WIB. Fernando dan Aguero mencetak satu gol di babak pertama sedangkan dua gol Iheanacho diciptakan di babak kedua.

Kemenangan ini untuk sementara membuat Manchester City berada di peringkat tiga klasemen sementara Premier League. Namun posisi ini bisa berubah jika Arsenal Minggu besok menang lawan Sunderland.

Di menit ke-7, Sergio Augero yang ditempel oleh dua pemain Stoke berhasil lolos dan mengirimkan umpan ke Kelechi Iheanancho. Tapi sepakan pemain asal Nigeria ini hanya beberapa sentimeter di luar gawang Stoke.

Stoke nyaris mencetak gol saat tendangan pojok di menit ke-15 dibuang oleh Yaya Toure dan jatuh ke kaki Ryan Shawcross. Sayang sepakan bek 28 tahun dari jarak 10 meter hanya melebar sisi gawang.

Sepuluh menit kemudian, kembali Stoke mendapat peluang emas. Giannelli Imbula yang mendapat umpan di depan kotak penalti, mengirimkan sepakan kerasnya ke gawang Manchester City yang dijaga Joe Hart. Tuan rumah beruntung karena bola sepakan mantan pemain Porto melayang di atas mistar gawang.

Namun tuan rumah yang lebih menguasai bola berhasil mengungguli tamunya di menit ke-35. Dari tendangan pojok yang dilakukan Jesus Navas, sundulan Fernando tidak bisa dihentikan oleh kiper Shay Given. Mantan kiper Manchester City ini hanya bisa melihat bola masuk ke pojok bawah gawangnya.

Enam menit kemudian, wasit Robert Madley menunjuk titik putih karena Iheanacho dijatuhkan Shawcross di kotak penalti. Aguero yang menjadi eksekutor tidak melakukan kesalahan dan mengirimkan bola ke pojok kiri gawang. Gol yang dicetak di menit ke-42 menjadi gol ke-16 Aguero di tahun 2016.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Stoke nyaris memperkecil kekalahan. Dari sisi kiri serangan, Marko Arnautovic memotong pertahanan Manchester City dan mengirimkan umpan silang ke Joselu. Sayang sepakan pemain asal Spanyol ini masih melayang di atas mistar gawang.
Tuan rumah membalas dengan sepakan keras Iheanacho dari jarak 25 meter. Tapi kiper Jakob Haugaard yang menggantikan Given di awal babak kedua bisa menepis bola melewati mistar gawangnya.

Stoke City masih terus menekan tuan rumah dan di menit ke-54, tendangan pojok yang disundul Mame Biram Dioug hanya menghantam sisi jaring gawang Hart.

Menit ke-60, kembali Haugaard menyelamatkan gawang Stoke. Umpan silang dari Navas jatuh ke kaki Yaya Toure. Tapi kiper asal Denmark ini dengan gagah berani menerkam sepakan Toure yang mengarah ke pojok bawah gawang.

Tapi di menit ke-64, Haugaard tidak bisa menghentikan sepakan Iheanacho. Di dalam kotak penalti, Pablo Zabaleta berhasil melewati bek Philipp Wollscheid dan memberikan umpan ke Iheanacho. Dengan mudah Iheanacho meceploskan bola dan membuat tuan rumah semakin unggul.
Walaupun sudah unggul tiga gol, tuan rumah masih mencari gol keempat dan kembali Iheanacho mencetak gol keduanya di menit ke-74. Wilfried Bony yang menggantikan Aguero memberikan bola ke arah lari Iheanacho. Striker yang baru berusia 19 tahun berhasil mengalahkan Haugaard dan menceploskan bola ke gawangnya.

Setelah unggul empat gol, City mulai mengurangi tekanan serangan dan Stoke yang berusaha mengurangi kekalahan mencoba mencetak gol kelima pertandingan. Menit ke-80, tendangan bebas yang dilakukan Imbula melayang di atas barisan pertahanan City. Tapi sepakan dari 25 meter ini tidak membuat Hart repot karena melayang di atas mistar gawang.

Setelah empat menit waktu tambahan, wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Dan kemenangan ini jadi modal positf bagi Man City saat menghadapi Real Madrid di semifinal Liga Champions Kamis besok. (daus)