Tuesday, 22 October 2019

Roma Tekuk Napoli 1-0, Juventus Juara Serie A Italia

Senin, 25 April 2016 — 22:08 WIB
Radja Nainggolan rayakan gol ke gawang Napoli (reuters)

Radja Nainggolan rayakan gol ke gawang Napoli (reuters)

ITALIA – Kekalahan 0-1 dari tuan rumah AS Roma, Senin (25/4), membuat Napoli tidak bisa mengejar Juventus dalam pengumpulan poin. Dengan tiga laga tersisa, Napoli yang berada di peringkat dua kini berselisih 12 angka dengan Juventus yang berada di puncak klasemen Serie A.

Baru dua menit babak pertama berjalan, tuan rumah langsung menggebrak dengan sepakan Mohamed Salah dari luar kotak penalti melayang beberapa sentimeter di atas gawang Napoli.

Menit keenam, pemain Roma meminta wasit memberikan hukuman penalti karena Salah dijatuhkan bek Faouzi Ghoulam di kotak penalti. Namun wasit Daniele Orsato tidak bergeming.

Selain dua kesempatan di awal, Roma yang menguasai lapangan tengah masih belum mendapat peluang menguji ketangguhan kiper Pepe Reina. Bahkan karena kesalahan bek Antonio Rudiger di menit ke-23, Dries Mertens membuat kiper Wojciech Szczesny harus melakukan penyelamatan gawang tuan rumah.

Enam menit kemudian, giliran Gonzalo Higuain membuat kiper Roma yang dipinjam dari Arsenal harus memblokir sepakan kaki kirinya.

Menit ke-40, dua kartu kuning diberikan untuk dua bek Napoli. Saat Roma sedang membangun serangan balik cepat, Radja Nainggolan dijatuhkan oleh Kalidou Koulibaly. Bola menggelinding ke arah Salah yang pemain asal Mesir ini dijatuhkan oleh Ghoulam. Alhasil kedua pemain belakang Napoli diganjar kartu kuning.

Jelang akhir babak pertama, Mertens dan Higuain bekerja sama membongkar pertahanan Roma. Sayang sepakan Marek Hamsik yang mendapat umpan dari Higuaian masih melayang di atas gawang.

Di awal babak kedua, Hamsik dari sisi kiri serangan berhasil lolos kawalan Maicon mengirimkan sepakan keras ke arah gawang Roma. Namun Szczesny masih bisa menangkap bola dengan mudah.

Tuan rumah nyaris menciptakan gol saat Nainggolan mengoperkan bola ke Maicon di sisi kanan serangan. Namun sepakan keras pemain asal Brazil ini ditepis Reina melewati mistar gawang.

Sesaat kemudian, Higuain yang berhasil melewati Zukanovic memberikan umpan ke Mertens di luar kotak penalti Roma. Namun sepakan pemain asal Belgia ini masih melayang di sisi gawang. Sesaat kemudian, kembali sepakan Mertens melebar sisi gawang setelah mendapat umpan dari Koulibaly.
Menit ke-70, Stephan El Shaarawy yang mendapat umpan terobosan nyaris membuat tuan rumah unggul. Namun bek Raul Albiol memblokir sepakan winger 23 tahun.

Sesaat kemudian kekacauan terjadi di jantung pertahanan Roma. Higuaian berusaha memanfaatkan situasi namun striker timnas Argentina kelahiran Prancis gagal merebut bola dari kiper Szczensny.

Higuain yang lolos dari pertahanan Roma di menit ke-83, mengirimkan sepakan keras ke arah gawang Szczensy. Namun kiper asal Polandia masih bisa memblokir bola. Hamsik yang mendapatkan bola muntahan, mengarakan sepakan ke gawang Roma namun bek Rudiger masih bisa memblokir bola.
Tuan rumah akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-89. Berawal dari mengacak-acak pertahanan Napoli, Francesco Totti memberikan umpan ke Maicon yang diteruskan ke Salah. Dipepet dua pemain Napoli, Salah meneruskan bola ke Nainggolan yang dengan tenang mengirimkan sepakan keras ke pojok bawah gawang Reina. (daus)

Susunan pemain:
Roma: Szczesny; Florenzi (Maicon 46′), Manolas (Zukanovic 21′), Rudiger, Digne; Pjanic, Nainggolan, Keita; Salah, Perotti, El Shaarawy Totti 81′).

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Allan, Jorginho, Hamsik; Callejon, Higuain, Mertens (Insigne 75′)