Thursday, 14 November 2019

Warga Menteng Atas Berkomitmen Jadikan Kelurahan Bebas TBC

Senin, 25 April 2016 — 20:22 WIB
Warga Menteng Atas peringati hari TB. (Ist)

Warga Menteng Atas peringati hari TB. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Warga Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan berkomitmen wujudkan Kelurahan Menteng Atas sebagai kelurahan bebas TBC (tuberculosis).

Berbagai upaya mereka lakukan mulai dari sosialisasi tentang TBC (TB), menjaring penderita TB, mendampingi pengobatan penderita TB, gerak jalan sehat anti TB dan lainnya.

“Dukungan masyarakat terhadap Pemda untuk memberantas TB sangat penting, seperti yang dilakukan komunitas masyarakat peduli TB Menteng Atas ini,” jelas Askesmas Jaksel Ma’mur di sela jalan sehat dan hari puncak peringatan TB yang digelar Komunitas Masyarakat Peduli TB Menteng Atas kemarin.

Ma’mur mengatakan TB adalah penyakit menular yg disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberkolosis ( baca si miko ).  Kuman ini dapat menyerang seluruh tubuh namun lebih banyak menyerang paru-paru dimana penularan bisa melalui dahak pasien atau debu di udara yang berasal dari percikkan dahak pasien TB yang batuk atau bersin.

Upaya pencegahan menurut Ma’mur salah satunya adalah perilaku hidup sehat dan bersih. Seperti tidak meludah sembarangan, membiasakan cuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, dan segera berobat ke Puskesmas jika menderita TB.

Upaya-upaya tersebut harus melibatkan warga secara aktif termasuk komunitas masyarakat peduli TB. “Masyarakat harus ikut mengontrol kedisplinan penderita TB dalam minum obat,” lanjut Ma’mur.

Selain Hadir asisten kesmas, hadir pula pada kegiatan tersebut Kepala Sudin kesehatan Jaksel, camat Setiabudi dan Lurah Menteng Atas. (Inung/win)