Sunday, 17 November 2019

Lelang Konsolidasi Percepat Penyerapan APBD DKI 2016

Selasa, 26 April 2016 — 6:48 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta mengklaim penyerapan anggaran daerah hingga 22 April telah mencapai 13,86 persen atau atau Rp 8,03 triliun. Penyerapan anggaran pada periode ini lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Michael Rolandi, Wakil Kepala BPKAD DKI Jakarta, tinggi peningkatannya pada triwulan pertama tahun 2015 sebesar 2 persen. “Periode yang sama tahun lalu penyerapan baru 11 persen tapi tahun ini telah mencapai 13 persen,” ujar Michael, Senin (25/4).

Menurutnya, lelang konsolidasi yang dilakukan mulai tahun ini sangat membantu percepatan penyerapan anggaran. Sebab, dengan lelang konsolidasi, adminitrasi akan lebih mudah. “Lelang konsolidasi cepet pas sudah beres. Bayar uang muka termin. Ini sesuai, on track kok,” ujarnya. Karena itulah, ditargetkan penyerapan hingga akhir tahun bisa menembus 90 persen.

Data tersebut dikatakan Michael sekaligus membantah catatan di Kemendagri tentang penyerapan APBD DKI masih nol. Namun Michael menilai catatan tersebut wajar. Pasalanya dikatakan Michael saat itu pihaknya belum memasukan data penyerapan APBD 2016 di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Sistem informasi penyerapan dikelola oleh Bappeda datanya dari kami (BPKAD). Ini belum diinput,” ujar Michael.

Namun saat ini telah memasukan data-data tersebut agar penyerapan yang tercatat di Kemendagri sama dengan DKI. “Ini perkara input saja, link ke Kemendagri dan Setneg jadi nggak update. Terlambat input laporan ke Kemendagri jadi yang punya kami masih nol. Kalau dimasukkan ya sudah seperti ini,” katanya.(guruh)

Terbaru

Benny K Harman. (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 23:58 WIB
Demokrat Tolak Amandemen UUD 1945