Saturday, 19 October 2019

Tenaga Kerja Asing Serbu Sukabumi

Jumat, 29 April 2016 — 10:18 WIB
ilustrasi

ilustrasi

SUKABUMI ( Pos Kota) – Sedikitnya 71 tenaga kerja asing (TKA) tercatat bekerja di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat sepanjang tahun ini. Mereka didominasi berasal dari Korea Selatan.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, total TKA yang bekerja di wilayahnya sampai saat ini mencapai 508 orang. Mereka berasal dari berbagai negara seperti China, Korea Selatan, Taiwan, Thailand dan Malaysia.

Pada tahun ini, jumlah tersebut berkurang 5 orang karena kembali ke negaranya masing-masing. Sementara TKA yang menetap di Kabupaten Sukabumi sebanyak 346 orang. Sisanya merupakan merupakan pekerja lintas daerah.

Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Tatang Arifin mengatakan, jumlah TKA tahun ini didominasi dari Korea Selatan.

Menurut Tatang, untuk pekerja asal Cina, Taiwan dan India saat ini izin tinggalnya hanya dibatasi sekitar enam bulan. “Dari Januari hingga pertengahan April ini sudah ada 71 TKA baru. Mayoritas mereka dari Korsel,” terangnya.

Para TKA ini paling banyak bekerja di perusahaan garmen.Seperti halnya salah satu perusahanan sepatu terbesar di Kabupaten Sukabumi ini memerkerjakan 193 TKA. Kata Tatang, pabrik yang ada di Kabupaten Sukabumi ini kebanyak memekerjakan TKA dari China dan Korea,” bebernya.
(sule/sir)