Sunday, 15 December 2019

Jika Sodetan Ciliwung-KBT Dibangun, Diklaim Kampung Pulo Bebas Banjir

Rabu, 4 Mei 2016 — 7:53 WIB
Teks: Pelabuhan Bungkutoko Kendari yang diresmikan  (dwi)Menhub Ignasius Jonan

Teks: Pelabuhan Bungkutoko Kendari yang diresmikan (dwi)Menhub Ignasius Jonan

JAKARTA (Pos Kota) – Pembuatan sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) diyakini bakal  membebaskan beberapa wilayah dari banjir. Di antaranya, wilayah Kampung Pulo dan  Bukit Duri.

“Kalau sodetannya jadi, maka Kampung Pulo dan Bukit Duri, bukan hanya berkurang banjirnya, tapi bebas banjir,” ujar Teguh Hendarwan, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Selasa (3/5).

Saat ini, di Kampung Pulo sedang dilakukan pemasangan sheet pile. Sementara, pembongkaran bangunan liar di Bukit Duri masih menunggu selesainya relokasi warga ke rusun.

“Sekarang pemasangan sheet pile sedang berlangsung. Ditambah dengan adanya sodetan, maka dua daerah itu akan bebas banjir,” ucapnya.

Teguh mengatakan, jika pembangunan sodetan tidak segera diselesaikan, maka kedua wilayah ini tetap akan tergenang banjir. Namun memang genangan akan berkurang karena sudah ada pemasangan sheet pile.

“Fungsi sodetan itu untuk membagi air ke KBT, mengurangi air dari Sungai Ciliwung ke KBT. Jadi beban air bisa terbagi rata,” beber Teguh.

“Sekarang banjir sudah berkurang di Kampung Pulo, karena sudah pasang sheet pile. Kalau banjir juga tidak lama, kemarin paling lama banjir hanya sembilan jam. Kalau dulu kan sampai berhari-hari,” katanya.

Sodetan Ciliwung akan mengalirkan air dari Kali Ciliwung sebanyak 60 meter kubik per detik ke Kanal Banjir Timur. Dengan kapasitas tersebut, 10 persen beban aliran air Ciliwung dapat dikurangi.

Seperti diketahui pembangunan sodetan Ciliwung-KBT terkendala dengan adanya gugatan warga Bidara Cina ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Gugatan dilayangkan atas adanya Surat Perintah Bongkar (SPB) yang dikeluarkan oleh Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana. (joko/iw)

  • Reza Tanjung

    jd mo miih pemimpin yg berjuang spt BEBAS BANJIR ato yg gn rakyat TETA DI TMPT KUMUH KEBANJUIRAN. mudah sekali pilihannya.