Saturday, 14 December 2019

MPR Mau Bongkar UUD 1945, Zulkifli Jamin Tidak Liar

Jumat, 6 Mei 2016 — 15:52 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

CIREBON (Pos Kota) – MPR tengah mengumpulkan bahan untuk amandemen UUD 1945 dengan memasukkan kembali adanya garis besar haluan negara. Ketua MPR Zulkifli Hasan menjamin agenda rapat paripurna MPR tidak liar.

“Dulu memang amandemen meluas kemana-mana sehingga membongkar hampir seluruh batang tubuh UUD 1945. Sekarang itu tidak bisa, sebab dalam pasal 37 UUD kita sudah secara jelas dibatasi, kalau amandemen agendanya harus jelas, tidak boleh kemana-mana,” kata Zulkifli, dalam acara MPR di Cirebon, Jumat (6/5/2016).

Menurut dia, sejauh ini 10 fraksi di MPR dan kelompok DPD telah sepakat hanya membawa ke rapat paripurna MPR soal garis haluan negara. “Sepuluh Fraksi dan DPD RI sudah sepakat materi itu, dan tidak akan melebar kemana-mana. Kalau ada usulan lain tidak bisa dibahas saat itu, harus dari awal dan sidang berikutnya,” ungkap Zulkifli.

Sekarang fraksi-fraksi dan DPD RI tahun ini menyerap aspirasi ke berbagai kalangan, termasuk kampus-kampus. Akhir ahun ini bahn tersebut didiskusikan di MPR. “Amandemen memenag harus matang dan harua punya bisi jauh ke depan, terlebih keadaan berubah cepat,” katanya. (win/us)