Monday, 21 October 2019

Selama Liburan, 6 Wisatawan Digulung Ombak Laut Nyi Roro Kidul

Minggu, 8 Mei 2016 — 14:57 WIB
Pantai Pelabuhan Ratu (sule)

Pantai Pelabuhan Ratu (sule)

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya enam wisatawan digulung ombak ketika berlibur ke kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sepanjang libur panjang.

Mereka digulung ombak laut Nyi Roro Kidul ketika tengah berenang dan berselfie. Beruntung, dari mereka berhasil diselamatkan oleh petugas penjaga pantai mulai dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Polairud Polres Sukabumi, TNI AL, Basarnas dan Forum Koodinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi.

Menurut Sekretarus Balawisata Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto, pihaknya bersyukur dalam liburan panjang kali ini tidak memakan korban nyawa.

Keenam wisatawan yang sempat tenggelam berhasil diselamatkan. Disebutkannya, keenam wisatawan tenggelam itu yakni tiga orang di Pantai Karang Hawu I dan tiga orang lainnya di Pantai Karang Hawu II.

“Mereka tergerus arus ombak ketika berenang, dan ada juga yang asyik berselfie. Mereka terbawa arus ombak mengabaikan informasi maupun rambu-rambu peringatan saat tengah berwisata di laut,” ungkap Yanyan, Minggu (8/5).

Dijelaskan Yanyan, selama libur panjang kali ini pihaknya juga menurunkan 72 personel yang disebar di pos-pos penjagaan mulai dari Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap hingga Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok.

“Pengunjung selama liburan ke Pelabuhan Ratu diperkirakan mencapai 300 ribu orang. Angka ini mengalami peningkatan sekitar 30 persen,” jelasnya.

Ketua FKSD Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie menegaskan, hingga saat ini belum ada laporan adanya wisatawan yang hilang tenggelam atau tewas akibat tenggelam. Kendati begitu, jajarannya saban waktu tetap bersiaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
(sule/sir)