Wednesday, 11 December 2019

Arrizal Bangga Bisa Dampingi Delegasi ASEANAPOL

Senin, 9 Mei 2016 — 10:19 WIB
AKP Arrizal Samelino Ganda Saputra, S.Ik saat mendampingi Mehmet Zen, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Head of International Relation Division) dari Kepolisian Turki bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti di Hotel Borobudur Jakarta, Agustus 2015, dalam acara ASEANAPOL ke 35.

AKP Arrizal Samelino Ganda Saputra, S.Ik saat mendampingi Mehmet Zen, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Head of International Relation Division) dari Kepolisian Turki bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti di Hotel Borobudur Jakarta, Agustus 2015, dalam acara ASEANAPOL ke 35.

SERANG (Pos Kota) – AKP Arrizal Samelino Ganda Saputra, S.IK tak pernah menyangka dipercaya untuk mendampingi perwira tinggi dari negara sahabat dalam acara Asean Nation Police (ASEANAPOL) ke-35 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Agustus 2015.

Dan tugas itu merupakan pengalaman yang sangat berharga serta tidak dapat dilupakannya.

Berbincang-bincang secara santai dengan Pos Kota di ruangan kerjanya. Dia menuturkan, dia terpilih bersama 14 perwira kepolisian lainnya terpilih untuk mengawal berlangsungnya acara ASEANAPOL ke 35 yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat pada Agustus 2015. ASEANAPOL adalah pertemuan para perwira tinggi kepolisian negara-negara Asean dan negara sahabat membahas tentang permasalahan kriminalitas antar negara (transnational crime).

Berbekal bahasa Inggris yang dimiliknya, pria yang akrab disapa Lino ini dipercaya untuk mengawal dan mendampingi Mehmet Zen, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Head of International Relation Division) dari Kepolisian Turki. Selama 5 hari tugas pengawalan Head of Delegation (HOD) ini Lino mendapat kesempatan untuk mendampingi jenderal bintang dua bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti di Hotel Borobudur Jakarta, Agustus 2015, dalam acara ASEANAPOL ke 35.

“Ya, saya diberikan kesempatan untuk mendampinginya bertemu dengan pimpinan Polri (Kapolri). Itulah pengalaman yang saya dapatkan. Selepas tugas, komunikasi dengan Mehmet Zen tetap berjalan. Untung sharing informasi dan untuk memperlancar Bahasa Inggris,” tutur Lino.

Usai menjalankan tugas di acara ASEANAPOL, jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2006 ini mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan kepolisian di Korea Selatan. Kesempatan ini tidak disia-siakan. Pada pertengahan Agustus 2015, Lino langsung berangkat ke negeri ginseng untuk menjalankan pelatihan.

“Untuk pelatihan peningkatan kemampuan penanganan tindak Pidana cyber crime selama 2 minggu,” terang Lino.

KARIR

Selepas lulus dari Akpol, AKP Arrizal Samelino Ganda Saputra memulai kariernya dengan menjabat sebagai Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Muaro Jambi. Empat tahun bertugas di Polres Muaro Jambi, suami dari Serly Dwi Lestari, Amd ini dipercaya untuk menduduki kursi Kapolsek Pamenang, Polres Merangin, Polda Jambi. Jabatan kapolsek ini hanya dijalani selama 3 bulan, bapak dua anak ini selanjutnya melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 2011.

Lulus sekolah PTIK tahun 2013, AKP Arrizal Samelino kemudian ditugaskan sebagai tenaga pengasuh dan pendidik di SPN Mandalawangi Polda Banten. Agustus 2014, pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat 31 tahun lalu ini selanjutnya dipercaya untuk menduduki kursi Kasat Reskrim Polres Serang sampai sekarang.

Berdasarkan catatan Pos Kota, sepanjang menjabat sebagai Kasat Reskrim selama 21 bulan, berbagai kejahatan besar seperti pembunuhan, perampokan, pencurian dan penipuan berhasil diungkap. Diantaranya kasus pembunuhan bos jamu yang melibatkan beberapa oknum anggota polisi Polda Metro Jaya dan penipuan bakal calon Bupati Serang yang dilakukan dua saudara sekandung mengaku Deputi Kepresiden dan pimpinan lembaga survey dengan kerugian Rp1,250 miliar berhasil diungkap.

‪Dengan usianya yang terbilang cukup muda serta ilmu dan pengalamannya dalam menjalankan tugas, AKP Arrizal Samelino memiliki banyak waktu untuk mengejar dan meraih cita-citanya menjadi salah satu jajaran pimpinan tinggi di kepolisian.

(haryono/sir)