Friday, 06 December 2019

Warga Kemirimuka Protes Jalan Rusak Akibat Proyek Tol Cijago

Senin, 9 Mei 2016 — 9:00 WIB
Sejumlah warga RW 012 Kel. Kemirimuka, Beji, Kota Depok yang mengelar aksi demo proyek jalan Tol Cijago. (anton)

Sejumlah warga RW 012 Kel. Kemirimuka, Beji, Kota Depok yang mengelar aksi demo proyek jalan Tol Cijago. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Puluhan warga RW 012 Kelurahan Kemirimuka, Beji protes dan mengelar aksi demo berkaitan dengan kerusakan sejumlah jalan lingkungan serta beberapa fasilitas umum lainnya akibat proyek pembangunan Jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago).

“Kami hanya minta pembayaran lahan Tol Cijago seksi II yang telah disepakati tim pembebasan tanah (TPT) tapi sampai saat ini belum ada kelanjutan,” ujar Ny. Ari, warga RW 012 Kemirimuka, Depok.

Menurut dia, kerusakan badan jalan yang dibangun secara swadaya masyarakat selama puluhan tahun lalu belakangan mengalami kerusakan serta di sejumlah pinggir sekitar lokasi proyek Jalan Cojago saat kemarau berdebu dan hujan becek.

Aksi demo warga sekitar diakui Ketua RW 012, W. Indra, mengakui kekesalan warga di liongkungannya semakin memuncak saat sejumlah jalan lingkungan yang dibangun melalui dana gotong royong serta urunan warga beberapa tahun lalu belakangan banyak yang rusak akibat dilalui kendaraan proyek.

Beberapa jalan swadaya memang rusak dan saluran air banyak yang tersumbat akibat pengerukan maupun pengalian tanah proyek Tol Cijago yang melaksanakan kegiatan di kawasan RW 012, Kel. Kemirimuka, Beji. “Bahkan, saat musim kemarau lingkungan sekitar berdebu dan saat hujan jalan lingkungan jadi becek serta lincin karena dipenuhi tanah merah,” tuturnya.

Tak hanya kerusakan jalan lingkungan saja, tambah dia, warga juga minta pekerjaan proyek hendaknya menghormati warga yang ingin beribadah. Pasalnya, saat jam ibadah dan malam hari kegiatan masih saja terus berlangsung yang mengganggu kenyamanan serta ketenangan warga menjalankan ibadah.

Ada enam tuntutan warga RW 012, Kel. Kemirimuika, Beji yang disampaikan ke pihak pelaksana pembangunan Tol Cijago antara lain memperbaiki kerusakan jalan lingkungan, stop kerja atau istirahat saat jam ibadah maupun malam hari, memfasilisasi pembuangan sampah ke TPA, mengurangi suara bising, menyediakan air bersih hingga menyediakan jalan alternative bagi warga sekitar.

Sementara itu, Juanidi, salah satu Pelaksana Pembangunan Tol Cijago, mengatakan permintaan dan tuntutan warga di RW 12 Kel. Kemirimuka, Beji akan disampaikan ke kantor pusat dan secepatnya hasilnya akan diinformasikan.

(anton/sir)