Monday, 18 November 2019

Kim Jong-Un Tolak Keinginan Donald Trump Untuk Bertemu

Selasa, 24 Mei 2016 — 11:19 WIB
Donald Trump (Kiri) dan Kim Jong-Un (kanan). (AFP)

Donald Trump (Kiri) dan Kim Jong-Un (kanan). (AFP)

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) menolak permintaan calon Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang ingin bertemu dengan pemimpin mereka Kim Jong-Un. Hal tersebut disampaikan Duta Besar Korut untuk PBB So Se-Pyong.

“(Sebenarnya bahwa semua itu) terserah Pemimpin Tertinggi kami (Kim Jong-un), perihal mau atau tidak dia bertemu dengannya. Tapi saya rasa, usulnya untuk berdialog adalah omong kosong. Dia hanya mau menggunakannya untuk kepentingan pemilu presiden (di AS), itu saja,” terang So Se-Pyong, seperti dilansir  Mirror, Selasa (24/5/2016).

Pihak Korut melihat upaya Trump tersebut hanya bagian dari usaha sang milyader untuk memenangkan pemilu Presiden AS.  “ (Pertemuan itu juga) tidak ada artinya sama sekali dan jelas tidak tulus,” pungkas perwakilan Korut dalam konferensi PBB untuk pembatasan angkatan bersenjata tersebut.

Ternyata, menurut So Se-Pyong, taktik trump juga pernah dilakukan oleh Barrack Obama saat masih berjuang di pemilihan presiden. Namun, hingga akhir kepemimpinannya, Obama belum pernah menemui Kim Jong-Un.

Hubungan antar Korut dan AS memang tidak pernah bagus. Bahkan, belakangan makin memburuk pasca-penembakan bom nuklir Korut awal tahun ini ke pangkalan sekutu di Guam, Korea Selatan. (embun)