Tuesday, 10 December 2019

Ketua DPR: Jokowi Kirim Tito Satu-satunya Nama Calon Kapolri

Rabu, 15 Juni 2016 — 15:32 WIB
Ketua DPR Ade Komarudin. (dok/timyadi)

Ketua DPR Ade Komarudin. (dok/timyadi)

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua DPR Ade Komarudin membenarkan sudah menerima surat dari Presiden RI Jokow Widodo yang berisi penyampaian nama calon Kapolri untuk menggantikan Jendral Badrodin Haiti yang segera pensiun. Surat diterima Rabu pagi, diantar Mensesneg Prof Prastikno.

“Benar, tadi pukul 11.00 WIB, saya telah menerima surat dari Presiden RI surat tertutup untuk pengajuan nama calon pengganti Kapolri Jendral Badrodin Haiti. Suratnya diantar Mensesneg,” kata Ade Komarudin di sela acara peninjauan kesiapan Stasiun Gambir untuk arus mudik Lebaran, Rabu (15/6/2016).

Menurut Akom, di dalam surat Presiden Jokowi tersebut hanya mengirimkan  nama Komjen Tito Karnavian sebagai satu-satunya nama  calon Kapolri, dan ini untuk segera diuji di Komisi III DPR. “Hanya satu-satunya nama, yaitu Komjen Tito Karnavian,” katanya.

Untuk selanjutnya, lanjut dia, surat itu didesposisikan kepada Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, agar menindaklanjuti usulan nama calon Kapolri itu sesuai peraturan perundang-undangan, yakni fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan). Sebelum reses, uji kelayakan itu akan dilakukan. (*/win)