Sunday, 17 November 2019

LIRA Sport Gelar Liga Anak Indonesia Untuk Pembibitan

Senin, 20 Juni 2016 — 13:49 WIB
HM. Jusuf Rizal saat memaparkan tentang LIGANA. (rizal)

HM. Jusuf Rizal saat memaparkan tentang LIGANA. (rizal)

JAKARTA (Pos Kota) – LIRA SPORTS akan gelar Liga Sepakbola Anak (LIGANA) Indonesia Kelompok U-12 diberbagai Propinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia untuk membantu pembibitan pemain sepakbola yang berprestasi. Program ini merupakan bagian dari Gerakan Peduli Anak Indonesia (Indonesian Kids Care) yang diluncurkan oleh LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat)

Menurut Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal, Kompetisi Liga Sepakbola Anak (Ligana) Indonesia ini sekaligus dikaitkan dengan upaya penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan Narkoba dikalangan pelajar dan generasi muda. Termasuk program bela negara guna membentuk Nation Character Building.

“Selama PSSI dibekukan praktis kompetisi sepakbola dikalangan anak-anak mandeg. Padahal olahraga merupakan sarana yang dapat dijadikan wadah untuk pembinaan generasi muda bangsa. Dengan berolahraga energi bisa disalurkan secara positif,” tegas pria yang dulu sempat mencalonan diri menjadi Ketum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia), di Jalarta, (20/6).

Sosok pria Jusuf Rizal bukan asing didunia olahraga. Sempat menjadi Direktur Marketing dan Promosi PSSI serta Ditektur Pembinaan Usia Muda PSSI. Ditangannya melalui Yayasan Porgaki dan SMI (Sports Marketing Indonesia) sejumlah kometisi sepakbola anak-anak bergulir. Misalnya, Ligana Milo, Liga Campina, Piala Extra Joss, Liga Danone, Liga Shampo Lifebouay, Piala Yamaha, Bogasari hingga Piala Pertamina

Kini pria mantan wartawan olahraga itu turun gunung hidupkan kembali Liga Sepakbola Anak Indonesia. Menurut penggagas APSSO (Asean Primary School Sports Olympiad) ini, dewasa ini hampir disetiap daerah kompetisi sepakbola mati.

“Jika tidak dilakukan kompetisi maka pelan-pelan prestasi sepakbola akan terus terpuruk. Kuncinya harus ada kompetisi agar tumbuh pembibitan dan pemasalan. Dengan demikian klub-klub hidup dan industri sepakbola juga tumbuh,” tegas pria yang juga dikenal sebagai penggiat anti korupsi itu.

Untuk merealisasi itu, Jusuf Rizal akan merangkul berbagai pihak, antara lain Kemenpora, Kemendiknas, Kemensos, Kemenhan, BNN, Mendagri, Para Gubernur, Bupati dan Walikota. Selain itu juga Apindo, Kadin dan Hipmi agar dapat berkontribusi dalam sponsorship.

“Karena ini gerakan pemasyarakatan olahraga dan mengolahragakan anak-anak, khususnya cabang olahraga untuk itu LIRA SPORTS juga akan bekerjasama dengan berbagai media. Semua pihak akan dilibatkan untuk membangun kembali kejayaan sepakbola Indonesia,” katanya.

(rizal/sir)