Monday, 14 October 2019

Dari 230 Bis AKAP di Terminal Tanjungpriok, 161 Tak Laik Jalan

Kamis, 7 Juli 2016 — 17:26 WIB
Terminal Tanjungpriok (ist)

Terminal Tanjungpriok (ist)

JAKARTA (Pos Kota)  Dari 230 bus angkutan lebaran yang masuk ke terminal Tanjung Priok, sebanyak 161 bus  Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tidak lulus kelaikannya (laik jalan). Ini diketahui setelah Sudin Perhubungan dan Transportasi,  DKI Jakarta melakukan pengecekan.

Kepala Terminal Bus Tanjung Priok, Hilman mengakui memang hasil pemeriksaan angkutan bus yang masuk ke Terminal Tanjung Prik sebanyak 161 bus AKAP tidak lulus uji kelaiknya. Menurutnya ini berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI sejak tanggal 24 Juni sampai 6 Juli 2016.

“Selama 13 hari hingga saat ini sebanyak 230 bus dilakukan pengcekan kelaikan kendaraan. Dari jumlah itu diketahuin sebanyak 161 bus tidak lulus. Sedangkan sisanya
sebanyak  69 dinyatakan lulus,’ ujar Hilman, Kamis (7/7).

Ketidak lulusnya itu kata Kepala Terminal ada beberapa faktor, seperti kaca retak, lampu rem mati, wifer tidak berfungsi, body, kropos, sabuk pengaman tidak laik pakai, ban vulkanisir,  spedo meter mati dan kekurangan lainnya.

Meski dinyatakan tidak lulus, namun bus-bus tersebut tidak dikandangkan. Mereka tetap diperbolehkan beroperasi  dengan catatan mereka membuat surat pernyataan setelah kerusakan pada masing-masing bus akan diperbaiki.

Diakui oleh Hilman, memang selama musim mudik ini pihaknya secera rutin melakukan pengecekan setiap bus yang masuk dan mengangkut penumpang mudik lebaran dari terminal Tanjung Priok. “Ini kami lakukan dengan tujuan demi keselamatan para penumpang,” katanya. (Wandi/win)