Saturday, 19 October 2019

Penyanyi Dangdut Minta Lagu ‘Lelaki Kardus’ Diblokir

Jumat, 8 Juli 2016 — 22:09 WIB
Rita Sugiarto

Rita Sugiarto

JAKARTA (Pos Kota) – Meski Lagu ‘Lelaki Kardus’ begitu disukai masyarakat, apalagi yang mengunggah dari media sosial YouTube telah mencapai 500.000 lebih, namun layak untuk distop melalui pemblokiran. Lagu tersebut benar-benar diluar batas etika dan moral.

“Saya juga kaget saat mendengar langsung dari YouTube. Syairnya ada tertera kata-kata Lelaki Bangsat dan Lelaki Kancrut. Wah, parah sekali, meski inspirasi lagu tersebut dari kisah sebuah rumahtangga yang broken home,” kata Rita Sugiarto, penyanyi senior di jalur dangdut pada poskotanews.com.

Meski saat ini dimana sudah masuk jaman kebebasan berkarya dan ditunjang teknologi canggih (IT), menurut Rita, tak berarti seniman atau pencipta lagu melahirkan karya seenaknya. “Perlu ada pertimbangan moral, apakah nantinya berdampak negatif atau tidak?” Begitu tegasnya lagi.

Sedangkan Sonny Josz, penyanyi yang juga dikenal sebagai pencipta lagu Campursari, mengomentari kalau lagu ‘Lelaki Kardus’ ciptaan Achmat Sawadi, tak layak direkam dalam bentuk kaset, CD atau BCD dan kemudian dijual ke masyarakat.

“Harapan saya supaya masyarakat bersikap selektif. Untuk apa mengidolakan lagu semacam itu? Banyak kok lagu dari berbagai ragam musik yang juga enak didengar dan punya pesan moral positif,” ucap Sonny Josz yang sukses lewat tembang Campursari ‘Sri, Minggat’. (santosa)